Oleh : Syaikh Muhammad Ali Farkus al-Jaza’iri hafidzohulloh
Pertanyaan :
Seberapakah batas seorang wanita memanjangkan pakaiannya ke tanah? Bagaimana pula batas dimulainya?
Jawab :
Ketahuilah bahwa jumhur ulama berpendapat bahwa telapak kaki wanita adalah aurot, hal ini berbeda dengan al-Ahnaf (pengikut madzhab Hanafi). Mereka (jumhur) berbeda pendapat menjadi 3 pendapat dalam menentukan batas dimulainya menutup telapak kaki. Sebagian mereka berpendapat bahwa tempat mulainya adalah dari mata kaki karena ini adalah posisi diharamkannya laki-laki menambah lebih darinya. Sementara yang lain berkata : dari pertengahan betis, karena ini adalah posisi yang dicontohkan Nabi shollallohu alaihi wa ala aalihi sallam, dan juga berdasarkan hadits beliau shollallohu alaihi wa sallam :
“Wanita itu saudara kandung laki-laki.” [1]
Yakni : dalam hukum-hukum dimana tidak ada dalil yang mengkhususkan hukumnya bagi wanita.
Kemudian ada pendapat ketiga yang berpendapat bahwa dimulainya memanjangkan pakaian adalah dari bagian tubuh yang menyentuh tanah (telapak kaki, pent) berdasarkan kepada hadits wanita yang bertanya kepada Nabi shollallohu alaihi wa sallam, ia berkata :
“Berapa ukuran menjulurkan bagian bawah pakaian bagi wanita?” beliau menjawab : “Sejengkal”, aku mengatakan: “kalau begitu akan kelihatan kakinya”, beliau menjawab: “Sehasta, jangan lebih dari itu” [2]
Dikarenakan dzohirnya wanita tersebut memanjangkan pakaiannya dari tanah sejengkal, sehingga posisi dimulainya adalah dari tanah.
Dan tiga pendapat ini tidaklah keluar dari penerapan menutup telapak kaki yang merupakan maksud dan tujuan yang Alloh yang membuat syari’at, kecuali pendapat yang dipegang oleh pengikut madzhab Hanafi yang menyatakan bahwa kedua telapak kaki wanita tidak termasuk aurot, dengan meng-qiyas-kan (menganalogikan hukumnya) dengan tangan dari sisi hukum membukanya. Dan tidaklah samar bahwa pendapat madzhab ini marjuh (lemah) karena qiyas yang mereka lakukan bertentangan dengan nash. Dan qiyas apapun yang bertentangan dengan nash seperti ini adalah rusak/tidak benar.
Dan jika telah benar apa yang kita bahas tadi, dapat kita ketahui bahwa perbedaan pendapat pada masalah posisi dimulainya memanjangkan pakaian (setelah jelas wajibnya menutup kedua telapak kaki) adalah khilaf lafdzi dan bukan khilaf ma’nawi. Dari sisi lain, yang menunjukkan hal ini adalah bahwa hadits Ummu Salamah rodhiyallohu anha berputar antara terbukanya telapak kaki dalam perkataannya : «إِذًا يَنْكَشِفُ عَنْهَا» “kalau begitu akan kelihatan kakinya” dengan perbuatan berlebihan yang dilarang dalam hadits tersebut dalam sabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam «لاَ تَزِيدُ عَلَيْهِ» “jangan lebih dari itu”. Maka yang wajib dalam urusan pakaian wanita ini adalah yang menutupi seluruh badannya termasuk kedua telapak kakinya. Sehingga ibroh dalam masalah ta’abbud ini adalah tertutupnya telapak kaki dan bukan masalah sejengkal atau sehasta, karena keduanya hanyalah wasilah untuk menutupi aurot dan bukan merupakan tujuan. Maka ketika telapak kaki telah tertutup berarti tujuan telah tercapai. Hal ini sesuai dengan kesepakatan dalam madzhab jumhur tadi walaupun mereka berbeda-beda dalam menentukan batas mulainya. Sehingga perbedaan pendapat ini masih saling berdekatan dan tidak berpengaruh dalam hukumnya (wajibnya menutup telapak kaki).
Al-Jaza’ir : 18 Jumadil Ula 1421 H
Bertepatan dengan : 19 Agustus 2000 M
________________________
[1] Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam “ath-Thoharoh” bab “fi ar-rojul yajid al-billah fi manamihi” (236), at-Timidzi dalam “Abwab ath-Thoharoh” bab “ma ja’a fi man yastaiqidz fa yaro balalan wa la yadzkur ihtilaman” (113), Ahmad dalam Musnadnya (25663), Abu Ya’la (4694), dan al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubro (818) dari hadits Aisyah rodhiyallohu anha. Hadits ini dishohihkan al-Albani dalam Shohihul Jami’ (2333) dan di as-Silsilah ash-Shohihah (2863).
[2] Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam “al-Libas” bab “fi qodri adz-Dzail” (4117), an-Nasa’i dalam “az-ziinah” bab “dzuyulun nisaa’” (5339), Ibnu Majah dalam “al-libas” bab “dzailul mar’ah kam yakun” (3580), dan Ahmad dalam Musnadnya (26106) dari hadits Ummu Salamah rodhiyallohu anha. Hadits ini dishohihkan al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shohihah (460).
***
Diterjemahkan dari : Situs Syaikh Muhammad Ali Farkus http://www.ferkous.com/rep/Bj37.php
***
الفتوى رقم: 802
الصنف: فتاوى المرأة
مقدار الثياب الذي ترخيه المرأة
والاختلاف في موضع ابتدائه
السـؤال:
ما هو المقدار الذي تُرخيه المرأةُ من ثيابها في الأرض؟ وما هو تحديدُ موضعِ ابتدائه؟
الجـواب:
الحمدُ لله ربِّ العالمين، والصلاةُ والسلامُ على مَنْ أرسله اللهُ رحمةً للعالمين، وعلى آله وصَحْبِهِ وإخوانِه إلى يوم الدِّين، أمّا بعد:
فاعلم أنَّ جمهورَ العلماء يذهبون إلى أَنَّ قدمَ المرأة عورةٌ خلافًا للأحناف، وهم يختلفون في تحديد موضع ابتداءِ سترِ القدمين على ثلاثةِ آراء، فبعضهم يرى بدايته من الكعبين لكونه محلّ تحريم الزيادة على الرِّجال، وقال آخرون من منتصف الساقين لكونه محلَّ الأسوة بالنبي صَلَّى اللهُ عليه وآله وسَلَّم، ولقوله عليه الصلاة والسلام: «النِّسَاءُ شَقَائِقُ الرِجَالِ»(١)،
أي: في الأحكام ما لم يرد دليل يخصِّصُهُنَّ، وفيه رأيٌ ثالثٌ يرى أنّ ابتداءَه إنَّما يكون من أول ما يمسّ الأرض اعتمادًا على السائلة للنبي صَلَّى اللهُ عليه وآله وسَلَّم قالت: «كَمْ تَجُرُّ الْمَرْأَةُ مِنْ ذَيْلِهَا؟ قَالَ: «شِبْرًا» قُلْتُ: إِذاً يَنْكَشِفُ عَنْهَا. قَالَ: «ذِرَاعٌ، لاَ تَزِيدُ عَلَيْهِ»(٢)، على أنَّ الظاهر أنَّ لها أن تجرَّ على الأرض منه ذراعًا ويكون ابتداءّ محل الغاية من الأرض، ولا تخرج هذه الأقوال الثلاثة عمَّا يحقِّق سترَ القدمين من حيث مقصودُ الشارعِ وغايتُه، إلاَّ مَا كان من الأحناف الذين يرون أنَّ قدمي المرأة ليستَا بعورة، إلحاقًا قياسيًّا باليَدين من حيث تكشفُهما، ولا يخفى مرجوحيةُ هذا المذهب، لوقوع القياس في مقابلة النص، وما كان كذلك فسد اعتبارُه.
وإذا صحَّ ما تقدَّم تقريرُه، عُلِمَ أنَّ الخلاف في محلِّ الابتداء -بعدما تبين وجوب ستر القدمين- لفظي وليس معنويًّا، ومن ناحية أخرى فالذي يظهر ذلك حقيقةً أنَّ حديثَ أمِّ سلمةَ رضي الله عنها يَدور بينَ كَشْفِ القَدَمَيْنِ في قولها: «إِذًا يَنْكَشِفُ عَنْهَا» وبينَ الإسرافِ المنهيِّ عنه في الحديث نفسِه في قوله صَلَّى اللهُ عليه وآله وسَلَّم: «لاَ تَزِيدُ عَلَيْهِ»، فالواجب إذًا من ثيابها ما يستر جميعَ بدنها بما في ذلك قدميها، فإذا العبرة في التعبّد ستر القدم لا بذات الشبر والذراع؛ لأنَّ كلاًّ منهما وسيلةٌ إلى التستُّر وليستا بغاية فيه، فمتى حصل التستُّر حصل المقصود، وهو تقرير مذهب الجمهور سابقًا وإن اختلفوا في تحديد محلِّ الابتداء فيبقى الخلاف صوريًّا لا تأثير له على الحكم.
والعلمُ عند اللهِ تعالى، وآخرُ دعوانا أنِ الحمدُ للهِ ربِّ العالمين، وصَلَّى اللهُ على نبيِّنا محمَّدٍ وعلى آله وصحبه وإخوانِه إلى يوم الدِّين، وسَلَّم تسليمًا.
الجزائر في: 18 جمادى الأولى 1421ﻫ
الموافق ﻟ: 19 أوت 2000م
١- أخرجه أبو داود في «الطهارة»، باب في الرجل يجد البلة في منامه: (236)، والترمذي في «أبواب الطهارة»، باب ما جاء فيمن يستيقظ فيرى بللا ولا يذكر: (113)، وأحمد في «مسنده»: (25663)، وأبو يعلى: (4694)، والبيهقي في «السنن الكبرى»: (818)، من حديث عائشة رضي الله عنها. والحديث صححه الألباني في «صحيح الجامع»: (2333)، وفي «السلسلة الصحيحة»: (2863).
٢- أخرجه أبو داود في «اللباس»، باب في قدر الذيل: (4117)، والنسائي في «الزينة»، باب ذيول النساء: (5339)، وابن ماجه في «اللباس»، باب ذيل المرأة كم يكون: (3580)، وأحمد في «مسنده»: (26106)، من حديث أم سلمة رضي الله عنها، والحديث صححه الألباني في «السلسلة الصحيحة»: (460).
________________Tulisan terkait:
- Tabarruj, Dandanan Ala Jahiliyyah Wanita Modern
- [Download Kajian] Hakikat Jilbab Syar’i dan Tabarruj – Ustadz Abdullah Taslim Hafidzohulloh
- Polemik Busana Muslimah Bermotif (bordir/renda)
- Syarat-syarat Jilbab Syar’i
- Pakaian Muslimah : Kewajiban Jilbab Dan Khimar
- Sifat Khimar Syar’i
- Ikhtilaf Dalam Masalah Dari Mana Posisi Memulai Memanjangkan Bagian Bawah Pakaian Wanita
- Membuat Jilbab Bundar
- Pola Dasar Jubah Akhwat
- Praktek Membuat Pola dan Menjahit Setelan Jubah-Jilbab Anak Balita
- Cara Membuat Pola & Menjahit Cadar
- Cara Membuat Cadar Kotak 3 Lapis Berpurdah (3 Layer Niqab)
Filed under: Fatawa, Fiqih Muslimah, Jilbab | Tagged: Busana Muslimah, Dzailul Mar'ah, fatwa, Jilbab, jilbab syar'i, Jubah Akhwat, Muslimah, Pola Gamis, Pola Jubah |
Bismillah.. assalamu’alaikum.. ummu ana ijin copas ya.. InsyaAlloh bermanfaat buat semua.. ^^
assalamu’alaikum, umm boleh saya tanya,kalau kita sudah menggunakan kaus kaki apakah masih harus memanjangkan ujung pakaian hingga menjuntai ke tanah atau sejengkal dari tanah, syukron
Assalammuallaikum yaa ummu shofi, ana izin copy beberapa tulisannya yaa..
barokallahu fiik…
[…] Diposting Ulang dari : https://ummushofi.wordpress.com/2009/10/29/ikhtilaf-dalam-masalah-dari-mana-posisi-memulai-memanjangk… […]
assalaamu’alaykum..ijin share ya umm…jazaakillahu khoir..
Assalaamu’alaikum warahmatullah..
Um, ana izin copas beberapa cttn ummu ya, utk simpenan ana ya umm, mau belajar.
Afwan jazakillah khair…
Bismillaah
Salaamun ‘alayki yaa Umma Shofiyyah,, hayyakillaahu.
Ana izin copas2 &/ save artikel2 dr WP anti ini ya.. Utk pribadi /pun utk dipublish ulang, (tentunya) dg mncamtumkan sumbernya..
Jazaakillaahu khoiron katsiiro..
wa’alaikissalam warohmatulloh wabarokatuh,
tafadhdhdoli ukh… wa anti fa jazakillahu khoiron…
Bismillah. Um,izin copy nggih? Insya Alloh sangat bermanfa’at.
tafadhdholi ukhti barokallohu fiik
assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh, baarokallahu fiiki, ummu shofiyyah ana izin copas ya ? bwt teman2 jg. jazakillahu khoiron
Assalamualaikum warahmatulloh…….
Bunda, saya mo tanya, Kalo tangan yang boleh kelihatan itu batasnya mana ya.apakah pergelangan tangan harus tertutup? Benarkah telapak tangan beserta Punggung tangan boleh kelihatan? Ataukah telapak tangan boleh kelihatan tapi Punggung tangan harus tertutup?
Trims. wassalam.
Assalamu’alaykum umm…
ana mau tanya, apakah gamis yg terlalu menutupi kaki akan terjamin kesuciannya??? pasalnya didaerah saya banyak ternak. otomatislah umm yah :)
umm seperti yg saya bayangkan, mau panjang sampe menyentuh tanahpun, kalo kita melangkah tetap saja telapak kaki kita kelihatan. kan zaman rosul nggak ada tuh kaos kaki???
terus umm, ana penasaran juga, bagaimana kalo ada akhwat yg memakai kaos kaki yg bolong pada ujung tumitnya??? kaos kakikan rentan banget tuh sama pembolongan di area tersebut :)
mohon penjelasannya ya umm..
syukron <3
wa’alaikumussalam warohmatulloh,
kalo binatang ternak hukum kotorannya ngga najis umm, jadi ngga masalah.
kalo kakinya masih kelihatan dipanjangin aja sejengkal umm, dan kalo bisa bagian bawahnya dibuat lebar supaya pas melangkah bisa tertutup.
kalo sudah bolong ya jangan dipake lagi umm ^^.. atau pake sandal/sepatu yg menutupi telapak kaki.
yang bener mbak??? kotoran ternak (ayam, kambing nggak najis)) ??? bisa berbagi dalilnya???
pendapat yang kuat bahwa kotoran hewan yang halal dimakan adalah tidak najis ukh..
coba baca ini :
http://www.firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/60-hukum-menjual-kotoran-ayam
http://pengusahamuslim.com/tanya-jawab-hukum-menjual-kotoran-hewan
wallohu a’lam