Praktek Membuat Pola dan Menjahit Setelan Jubah-Jilbab Anak Balita

Salah satu cara membiasakan anak memakai jilbab syar’i ketika keluar rumah adalah memakaikannya baju yang praktis dan nyaman.. Seperti putri ana Shofiyyah.. alhamdulillah bila keluar rumah sudah bisa memakai sendiri jubah dan jilbabnya..(meski kadang masih kebalik..).

Sejak berumur 1 tahun ana sudah membuatkannya jubah dan jilbab seperti akhwat pada umumnya…Jubah dengan kain tidak bermotif, warna yang tidak mencolok/gelap,dll. Tapi bedanya jubah Shofiyyah tanpa lengan…Keuntungannya adalah jubah ini bisa diberi dalaman kaos lengan panjang dari bahan kaos atau katun yang tidak panas..dan juga praktis cara pakainya.Jika ia hendak keluar rumah bisa ia pakai sendiri dengan mudah.

Adapun jilbabnya adalah jilbab bundar panjang yang juga sangat mudah dipakai sendiri oleh anak kecil. Menjahitnya pun sangat mudah dan bisa dipraktekkan bagi ummahat yang masih pemula dan baru belajar menjahit…

Berikut langkah-langkah membuat jubah dan jilbab anak balita yang praktis dan nyaman :

Membuat ukuran

Langkah yang pertama adalah membuat ukuran baju yang akan dijahit.

Ukuran yang diperlukan dalam membuat jubah anak ini adalah sebagai berikut :

  1. Lingkar badan
  2. Lingkar pinggang
  3. Panjang punggung
  4. Lebar Punggung
  5. Lebar dada
  6. Lebar bahu
  7. Panjang jubah

Untuk cara mengukur silakan baca artikel Pola Dasar Jubah Akhwat.

Membuat pola dasar :

Setelah melakukan pengukuran langkah selanjutnya adalah membuat pola dasar jubah. Pola dasar jubah anak juga tidak serumit jubah untuk dewasa. Pola depan dan pola belakang tidak dibedakan seperti pola baju dewasa. Berikut contoh pola dasar jubah anak beserta ukurannya :

  1. Lingkar badan = 64 cm
  2. Lingkar pinggang = 56 cm
  3. Panjang punggung = 24 cm
  4. Lebar punggung =  24 cm
  5. Lebar dada = 23 cm
  6. Lebar bahu = 8 cm
  7. Panjang jubah = 75 cm

Pola Dasar

Ukuran ini adalah untuk anak berusia kurang lebih 2,5-3 th dengan badan ideal (tidak kurus atau gemuk), dan tinggi sekitar 95 cm. Buatlah sudut siku-siku : B : A : G

A-B = ¼ lingkar badan = 16 cm

A-C = B-E = panjang jubah = 75 cm

C-E = A-B 16 cm

A-F =1/4 (A-B) + 1 ½ cm = 5 ½ cm

A-D = turun 1 ½ cm

Hubungkan titik D-F menjadi kerung leher belakang

A-G = ¼ (A-B) + 2 cm = 6 cm

Hubungkan titik G-F menjadi kerung leher belakang

B-H = turun 2 ½ cm

F-I = lebar bahu = 8 cm

D-K = panjang punggung = 24 cm

D-L = ½ D-K = 12 cm

D-M = ½ D-L = 6 cm

G-S = ½ G-L = 3 ½ cm

M-O = ½ lebar punggung = 12 cm

Hubungkan titik I-O-N menjadi kerung lengan

K-P = ¼  lingkar pinggang = 14 cm

S-T = ½ lebar dada = 23 cm

E-Q = 5 cm

Titik Q naik 1 ½

Jadi pola depan dan pola belakang adalah sama, yang membedakan adalah kerung leher. Kerung leher bagian depan adalah garis F-G dan kerung leher bagian belakang adalah garis F-D.

Merubah pola dasar sesuai model baju yang diinginkan

Setelah itu kita membuat pola baju sesuai modelnya dengan melakukan perubahan pada pola dasar tersebut.

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa jubah yang akan ana jahit adalah jubah tanpa lengan. Modelnyapun sangat sederhana yaitu model seperti longdress tanpa resleting atau kancing. Hal ini untuk memudahkan bagi anak memakai sendiri jubah mereka..

Berikut perubahan pola jubah yang akan ana jahit dari pola dasarnya :

F-F’ = 2 cm

I-I’ = 1 cm

G-G’ = 3 cm

D-D’ = 4,5 cm

N-N’ =  4 cm

Q-Q’ =  18 cm

Pola Jubah Shofiyyah

Pola Jubah Shofiyyah

Setelah itu gunting pola jubah tersebut sebagai pola jubah bagian belakang (titik D’-C-Q’-N’-F’-I’)

Lalu gunting pola bagian depan dengan cara menjiplak pola yang tadi tapi bedanya yang kita gunting adalah titik (G’-C’Q’-N’-F’-I’).

Jadi kini kita memiliki dua pola yaitu pola jubah bagian depan dan belakang secara terpisah.

Menggunting

Setelah pola jubah tersebut dibuat maka langkah selanjutnya adalah menggunting pola tersebut di atas kain. Kain yang kita beli biasanya mempunyai lebar kain yang bermacam-macam. Ada yang 115 cm, 150 cm, dan ada pula yang lebarnya 2 m. Kain yang ana pakai disini adalah kain yang lebarnya 150cm. Untuk membuat jubah anak tanpa lengan dengan ukuran diatas dan kain lebar 150 cm ini, kita cukup membeli kain sepanjang 75 cm saja.Langkah-langkahnya adalah sbb :

1. Bentangkan kain berukuran 150 x 75 cm ini seperti gambar berikut :2. Lipat jadi dua lalu gunting

3. Setelah jadi dua lalu masing-masing dilipat jadi dua lagi dan letakkan pola bagian depan dan belakang pada masing-masing potongan kain seperti pada gambar:4. Beri jarum pentul agar tidak bergeser

5. Dari pola tersebut lebihkan 1cm pada setiap pinggirnya untuk stan jahitan dan beri garis dengan kapur jahit

6. Gunting pola tersebut dengan lebihan 1 cm tersebut, hasilnya : 

7. Tandai/ garis setiap pinggir dari pola tersebut dengan menggunakan rader dan karbon jahit

Menjahit

Pertama-tama tempelkan pola depan dan belakang, lalu beri jarum pada bahu dan bagian samping jubah. Lalu jahit bahu kanan dan kiri, dan bagian samping jubah kanan dan kiri. Setelah itu diobras.

Untuk leher : di beri plisir, bisa dengan bisban atau membuat plisir sendiri dengan cara : Memotong kain secara serong lebar 2 cm panjang sesuai panjang kerung leher, lalu jahit melingkari leher.

Untuk kerung lengan : diobras dulu lalu dijahit ke dalam

Untuk bagian bawah jubah : dineci

Berikut gambar jubah setelah jadi :

Membuat jilbab

Potonglah kain dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran:

  • Panjang : 130 cm
  • Lebar : 80 cm

Dan langkah selanjutnya seperti langkah membuat jilbab bundar pada artikel di blog ini yang telah lalu (klik disini).

Demikian cara membuat jubah dan jilbab anak dari ana..semoga bermanfaat bagi antunna…!!

***

Maroji’ :

Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar, oleh Soekarno, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama

_______________

Tulisan terkait:


About these ads

71 Tanggapan

  1. jubah imuts,hehe…shofiyya sekarang umurnya berapa umm?

    Alhamdulillah dah umur 2,5 th ukh,barokallohu fiiha.

  2. assalamu’alykum warohmatulloh wa barokatuh.
    salam kenal um.ana ijin copas ya..ana pengen belajar menjahit.kelak kalau udah bisa pengen bwatin baju bwat zaujii dan anak. semoga ilmu yang anti berikan bermanfaat untuk semua yang membaca artikel ini. dan semoga Alloh memberikan balasan kebaikan yang sebesar-besarnya kepada anti.

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Aamiin..
    Salam kenal juga yaa Umma Abdirrohman..
    tafadhdholi di copas..
    Mudah2an bisa membantu anti dalam belajar menjahit ukhti..
    Sahhalallohu amrok

  3. Jazakillah khoir umm… ilmunya bagus banget
    ana ijin copa ya.. trus ana share ke teman2 akhwat…

    ana juga pernah kursus dulu.. tapi ilmu yang anti kasih nih.. lebih mudah dimengerti..
    barokallohu fiik

    wa jazakillahu khoiron yaa Umma Hanin..
    tafadhdholi disebarkan ke temen2 yang lain..
    mudah2an bisa bermanfaat bagi para akhwat..
    ana emang bikin yang sederhana dulu ukhti, supaya bisa dipraktekkan bagi para pemula yang pengin belajar menjahit..
    Wa fiiki barokalloh..

  4. assalamu’alaikum…
    mau request nih um.. bisa gak anti bikin artikel cara buat baju/untuk ikhwan, trus celana.

    Untuk pola jilbab bundar.. ana sudah coba..
    alhamdulillah.. enak dipakai.. dan an juga sudah jualan umm..
    Semoga pahala amal mengalir terus pada anti..
    Barokallohu fiik

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh,
    Aamiin, wa fiiki barokalloh…
    Kalo baju ikhwan ana belum belajar teorinya, tapi kalo baju anak laki insyaAlloh bisa… cuman postingnya belum tau kapan…
    Waffaqonallohu wa iyyakum li kulli ma yuhibbuhu wa yardhohu.

  5. ana ijin copas yah ummu (utk doc si blog ana, ana cantumin sumbernya dari ummu)

    iya ummu, ada tdk pola baju utk ikhwan? yg dewasa dan anak2

    syukron, jazaakillah khoyron

    tafadhdholi ukhti..
    Ana belum bisa bikin baju buat ikhwan ukhti..belum belajar teorinya jadi takut salah..
    Tapi kalo untuk ikhwan kecil ana bisa..insyaAlloh..
    Cuman ana belum tahu kapan mo postingnya..
    Belum ada waktunya ukh..
    Doain ya..semoga bisa posting bikin baju anak laki secepatnya..
    Tapi rencananya ana pengin posting tentang bikin cadar dulu sih..insyaAlloh..
    Wa jazakillahu khoiron

  6. Jazaakillaahu khoyron atas ilmu-ilmunya, Ummi …
    Sangat bermanfaat. Ana izin Copas, nggih … mau praktik juga, insya Alloh.

    Salam kenal dari ana, SOVI. ^ ^
    Mungkin ana akan sering-sering berkunjung di sini.
    Baarokallohu fiyk …

    wa jazakillahu khoiron…Tafadhdholi di copas ukhti..semoga bermanfaat…
    wa fiiki baarokallohu

  7. assalamu`alaikum wr wb
    klo boleh nanya untuk ukuran yg usia 6 ato 7 thn brp ya?
    trima kasih

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh,
    Ana ga punya ukurannya.
    Diukur aja sendiri, seperti di pola dasar jubah akhwat.

  8. assalamu a’laikum warahmatullohi wabarakaatuh, ijin copas yah, semua ilmu jahitnya, mau belajar menjahit juga ^__^

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi ukhti..semoga Alloh memudahkan urusan anti…
    barokallohu fiik

  9. Assalaamualaykum,

    Boleh juga dibahas pakaian untuk abynya.

    Abu Hammad:
    Wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,
    Monggo…

  10. assalamu’alaikum ummu,salam kenal
    entah ana dah brapa kali terdampar di blog ini..tapi udah pernah kasih komen apa lum ya..^^

    kira2 kalo masih baru/buta banget/ga pernah ikut kursus bisa ga sih coba buat baju/kerudung kaya yg ada di blog ini? ana gak ngerti banget sama pola di atas, tapi ana bisa goyangin mesin jahit walau jahitannya gak terlalu lurus dan kurang rapih hiks..hiks..
    biaya kursus mahal banget dan kalo mau sering2 kluar rumah malu_kayaknya kurang baik juga kalo gak darurat2 banget >-<
    gimana yah cara latihannya..?daripada nganggur tuh mesin
    kalo langsung gunting kain ikutin baju yg udah ada aja gimana??…
    atas jawabannya jazakillah

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Salam kenal juga ukhti..
    Kalo memang anti bingung coba beli buku tentang belajar menjahit untuk pemula aja ukhti..
    Atau mungkin bisa dengan membedah baju2 anti yang sudah tidak dipakai lalu di tempelkan pada kain..lalu digunting sesuai dengan potongan2 baju tersebut..
    jazakillahu khoiron wa sahhala amrok..

  11. walhamdulillah ya, anti bisa buatin shofiyyah jubah.
    anak ana dua duanya akhwat selisih umurnya cukup dekat, ana pengen juga bisa menjahit seperti anti, menggunakan mesin.ana masih canggung pake mesin, jadi masih manual jahit pake tangan ^^

    iya..alhamdulillah..
    Wah anti jahitnya pake tangan ya..telaten sekali..
    Kalo baru pake mesin..memang mungkin pertama-tama agak canggung..tapi kalo terus berlatih insyaAlloh lama-lama terbiasa ukh..
    Pake mesin keuntungannya jahitannya lebih kuat dan bisa lebih cepat..
    Semoga Alloh memudahkan..

  12. ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH
    ALHAMDULILLAH, ANA BISA MENEMUKAN INFO MEMBUAT POLA MENJAHIT DISINI.

    SEBELUMNYA ANA MAU NGUCAPIN JAZAKILLAH KHOIR BUAT UMMU SHOFFIYAH ATAS INFO POLA MENJAHIT GAMIS KARENA SAYA BARU BELAJAR JAHIT. MUDAH-MUDAHAN DAPAT BERMANFAAT.

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    alhamdulillah semoga bisa membantu anti..
    wa jazakillahu khoiron

  13. Terima kasih, semoga allah memmbalas kebaikan anda. dsn semoga saya bisa mencobanya dengan benar.

    alhamdulillah…semoga berhasil ya ukhti..
    dan semoga Alloh membalas kebaikan anti juga..

  14. Assalamu’alaikum wr wb.

    Terima kasih atas keterangan pola bajunya,
    semoga Allah membalas kebaikan anda. dan Seoga saya bisa mencobanya. karena selama ini saya belum berhasil menjahit baju untuk anak saya yang berumur 2,5 tahun.
    Assalamu’alaikum wr wb

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    iya ukhti..semoga Alloh memudahkan urusan anti..dan semoga Alloh membalas kebaikan anti juga..

  15. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
    Salam Kenal Ukht dari Riau.. :)
    Senang ketemu website yg mengupas ttg menjahit..
    Mohon izin utk copas ya, utk diprint n share diblog saya dgn mencantumkan sumbernya =)..

    Semoga Barokah ilmunya ukht..
    senangnya bisa berbagi.. :)

    Wassalam,
    Rita

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    salam kenal juga ukhti..
    tafadhdholi..semoga bermanfaat ya/..
    ana juga senang bisa berbagi…
    baarokalloohu fiik

  16. Assalamu alaikum wr wb,

    wah bagus banget nih bisa nambah pengetahuan tentang menjahit gamis, thank ya ukhti….

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    sama-sama ukhti..semoga bisa membantu anti ya..baarokallohu fiik

  17. assalamualikum ya ukht bisa gak ana minta pola untuk membuat gamis untuk ikwan untuk ukuran M,L,XL

    jazakillahu khair

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    afwan ukhti..kalo gamis ikhwan ana belum bisa..
    sekarang ana lagi jahit setelan baju buat ana, shofi dan hammad..
    kalo sempet insyaAlloh ana posting..
    wa anti fajazakillahu khoiron

  18. Assalamualaikum, syukron buat infonya ya ukh. tapi kayaknya kok susah banget yah^_^ padahal baru pola. soalnya baru belajar jg,mgkn akan lebih mudah kalo da di praktekin nanti…salam kenal ukhti dari Makassar ^_^

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    iya ukh..semoga setelah dipraktekkan nanti jadi lebih mudah..
    sahhalallohu amrok..dan salam kenal juga dari ana…
    baarokalloohu fiik

  19. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
    Alhamdulillah, akhirnya nemu blog yang bagus.
    Pengen nyoba, dah semangat, lha kok gak ada mesin obras + neci ya?
    Hicks…
    Ada alternatif ndak umm?
    Jazakillah khoir
    Barakallahu fik

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    ana juga ga punya mesin obras + neci ukh..
    biasanya ngobras dan neci di toko alat2 jahit ..
    insyaAlloh banyak toko alat2 jahit yang menyediakan jasa obras dan neci..
    semoga Alloh memudahkan belajarnya ya..
    wa anti fajazakillahu khoiron wa fiiki baarok

  20. hihi…
    pasti imut dah hasil

  21. jazakumullohu khoiron atas ‘ilmunya ummu shofiyyah, ana izin copas ummu, kalo cara menjahit gamis ikhwan ukuran besar (XL) gimana ya umm? syukron katsiiron

    wa anti fa jazakumullohu khoiron…
    tafadhdholi ukh..
    ana belum bisa jahit gamis ikhwan ukh…afwan

  22. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    Alhamdulillah dapat ilmu yang bermanfaat…
    izin share ya….

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi…

  23. assalamu’alaikum… Alhamdulillah, akhirnya ana bisa nemuin cara belajar menjahit online, gratis lagi!! syukran ummu shofi, jazakillahu khairan katsiiran. smg menjadi amal jariyah..

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    alhamdulillah semoga berfaidah bagi anti…
    wa anti fa jazakillahu khoiron katsiron

  24. assalaamu’alaykum warahmatullah wabarokaatuh umm, biasanya ukuran lingkar wajah untuk jilbab anak umur lima tahun berapa ya?

    syukron katsira atas jawabannya :)

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    kalo anak ana 4 th lingkar wajah 50 ukh…mungkin ga jauh beda..coba di ukur aja anaknya…

  25. assalamualaikum, umi ijin copas ya.
    ana bingung waktu harus bikin bagian buat pasang resleting atau yang terbelah buat ada kancing nya, minta ilmunya umi, makasih, semoga alloh membalas dengan kebaikan….

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    afwan kalo pasang resleting susah dijelaskan dengan kata2 ukh,..coba anti minta ajari temen yang bisa jahit yang mungkin bisa ditemui..
    semoga Alloh membalas anti dengan kebaikan juga

  26. KLU himar untk anak2 gimana bu?

    seperti membuat jilbab dewasa aja ukhti…tapi ukurannya diperkecil

  27. Assailamualaikum wr wb,
    Salam kenal, buat para bunda yang ingin belajar menjahit lebih jauh, silahkan kunjungi http://www.myhobbi.weebly.com. Web kami menyediakan berbagai cara menjahmit, mulai dari mengukur, membuat berbagai pola dll..Silahkan, kami tunggu kunjungannya. Wassala

  28. Assalamualaikum..ana ummuhamzah dari Malaysia..Alhamdulillah akhirnya ana berhasil menemukan blog yg berguna untuk muslimah..ana sdh pnya mesin jahit nya tp tdk bisa menjahit tp stlh menemukan blog ini makin bersemangat ana untuk mencuba menjahit..kalau bayi yg belum setahun bagaimana ukurannya ya ukhti?…Jazakallahukhairan katsira..moga ALLAH membalas segal kebaikan ukhti dgn kebaikan juga

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh…
    wah afwan ana kurang tau ukurannya ukhti…coba anti ukur sendiri aja ukh.
    wa anti fa jazakillahu khoiron.

  29. jazaakillah khoiir umm. Shofi, salam kenal ana umm. Abdillah, anti tinggal dimana?

    maya
    http://www.catatan-ummujita.blogspot.com

    wa anti fa jazakillahu khoiron..salam kenal juga umm, ana tinggal di Cileunsi

  30. salam kenal ummi, ana ummu rifa di bogor, sangat berguna ummi tulisan diatas, subhanalloh, alhamdulillah, syukron ummi…..

    salam kenal juga..afwan

  31. Assalamuallaikum… terima kasih ilmunya sangat bermanfaat.

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh…alhamdulillah jika bisa memberi manfaat..ana hanya menukil aja ukh…

  32. Assalamu a’laikum um,ana ijin copas ya,smg bermanfaat utk ana syukron ummi

  33. assalamu’alaikum….ummu,ijin copy paste ya….
    oya um, kalo cara membuat baju ikhwan ada gak?..syukron,jazakillahu khair

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh..belum ada umm..ana pengin bikin pola untuk di share tapi belum sempet…
    afwan..wa anti fa jazakillahu khoiron

  34. asalamu’alaikum,, salam knal ummi ,saya mau tanya ummi yg d atas kn cra bikin pola baju,tp klo cra bikin pola tngan itu gmana ummi,aq kn uda perna kursus tp aq lom ngerti gmana cra mengukur pola tngan nya????

  35. Bismillah…
    afwn umm.. kalau model untuk gamis / jubah ikhwan ada g umm ??? Barokallohu fiik……

    belum ada umm, wa fiiki barokalloh

  36. assalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh,afwan umm salam kenal ana ummu rizqi ,umm ana ijin mengcopy untuk belajar membuat jilbab yng syar’i.jazakillah khoir

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh,
    silahkan, wa jazakillahu khoiron.

  37. Bismillah, afwan umm, baru mau belajar njahit jubah untuk sendiri dan anak nih, mau tanya kalau untuk busa di bagian dahi jenis busanya namanya apa ya Umm? nyarinya biasanya di toko apa? jazakillah khoir..

  38. assalamua’laikum warrohmatullahi wabarokatuh,afwan ummu atas ilmunya…ijin copas untuk referensi buat ana kebetulan skr ana lg belajar menjahit.jazakilla khoir…

  39. Assalamualaikum..
    Terima kasih puan atas panduan berguna ini, minta izin print ya.. Semoga Allah merahmati puan dan sekeluarga.. Amin…

  40. Assallammu’allaikum ummu, salam kenal dari ummu imron. subhanalloh ini sangat bermanfaat buat ana. jazkumulloh khoiron

  41. Assalamua’alaikum ukhti, ijin copas ya. syukran.. smoga Allah berikan ilmu yang lebih berguna lg utk ukhti..

  42. Assalamualaikum, ummi salam kenal… saya izin copas ya. terimakasih ilmunya

  43. assalamualaykum, ukhti:)
    wah nih yang kucari2.
    ijin copas ya…..ukh.

  44. saya kepingin membuat nya , baju nya sangat bagus dan ibu saya kagum dengan baju ini dan nanti tolong bikin lagi yang lebih panjang

  45. assalamu’alaikum….. ummu,izin ng save + print ya…..
    saya dulu pernah kerja di konveksi awalnya gak bisa jahit sama sekali. satu pertama gagal dan hampir tiap menjahit jarum jahit yang saya gunakan patah terus.tetapi karena sebuah ketekunan akhirnya saya bisa (alhamdulillah), meski yang saya jahit itu hanya sebatas kerudung, mukena anak dan beberapa bagian finishing baju atau membuat kaos dalaman tetapi senangnya tak terkira.subhanallah……tidak bisa diucapkan dengan kata kata deh pokoknya.
    sekarang saya ingin selangkah lebih maju agar suatu hari nanti anak-anak saya pun dengan bangga mengatakan : ” aku memakai baju buatan ummi ku lho ”
    jazakillah dan tetap semangat buat para akhwatifillah yang ingin mencoba belajar menjahit.

    • wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
      silakan umm, wa jazakillahu khoiron..
      iya umm, kalo bisa jahit sendiri banyak banget keuntungannya…
      karena kadang baju akhowat yang syar’i sulit didapat di pasaran..
      selain itu juga lebih hemat biaya…semoga Alloh memudahkan belajarnya…^^

  46. Bismillah, afwan umm mau tanya cara motong kain. apakah meletakkan pola badan untuk gamis/jubah harus searah dengan arah serat kainnya? trus arah serat kain itu sejajar dengan arah panjang kain atau dengan lebar kain ya umm? jazakillahu khoir

    iya umm bagusnya searah serat kainnya..biar enak dipakai dan jatuh,sejajar dengan arah panjang kain..^^

    • iya umm, jazakillahu khoir masukannya. afwan nanya lagi, ana ada bikin jubah tapi lengannya kurang lebar, apakah bisa untuk merombak lengan baju tersebut biar jadi lebar? bagaimana dengan polanya?kan sulit tuh umm menggunting bagian lengan yang udah kejahit bagian badan dan lehernya, ana kok mbayangin sulit hehe.lebih mudah membuat baru dibanding merombaknya.afwan…

      wa jazakillahu khoiron..afwan umm, baru balas..ana jarang buka blog sekarang..sibuuk ngurus anak2..
      kalo merombak lengan baju didedel aja umm lengannya lalu buat lengan yang baru dengan pola yang dilebarkan..trus di jahit lagi dengan badannya…^^

  47. assalamualaikum,info buat umahat yang ingin kursus menjahit busana muslim bisa ikuti kursus intensif dari kami.keterangan selanjutnya baca blog kami di kursusmenjahitbusanamuslim.blogspot.com

  48. assalamualaikum umm ada ukrn standar buat jubah anak anak gak umm perempuan usia 12 tahun

  49. Ijin copy paste, untuk istri saya mau belajar jahit baju anak sendiri..

  50. BismILLAH…afwan ijin copas ya Umm…Jazaakillah khoir.BarokALLAAHU FIIK…

  51. Assalamualaikum…saya minta izin untuk menggunakan nota yang diberikan. tq

  52. Assalamualaikum,,,,umi,,,,,, semoga kabar baik ya,,,,,,, syukron ilmunya sangat bermanfaat, lama saya mencari membuat pola jubah di internet alhamdulillah blok yg umi punya bagus, menginspirasi,dan sangat bermanfaat, saya lg belajar menjahit secara otodidak, pengenal sih, kalo sudah mahir pengen jahit buat dijual lg,,,,,,,,,,, hehe,,,,,,,,,,, makash umi,,,,,, semoga berkah ya.

  53. bagus sekali blog-nya. InsyaAllah sangat bermanfaat terutama bagi pemula seperti saya yang belum pernah kursus khusus menjahit. terimakasih umi

  54. Assalamualaykum mbak liana . Lagi nyari info cara menjahit yang mudah , eeh …”terdampar” di blognya anti. Semoga semudah yang anti jelaskan ya, soalnya ana belum bisa menjahit. Oya , ada referensi mesin jahit portable yang bagus dan murah mbak?

    Salam kangen dari tetangga anti di tidar :)

  55. Assalamuallaikum makasih um,,,, saya sangat terbantu dengan artikelnya, alhamdulillah saya jadi tambah semangat buat gamis,,, sendiri,dan anak anakpun menyukainya, praktis dan insyaallah membuat sangat nyaman. Trimaksh atas ilmunya yg sangat bermanfaat ini. Semoga kemudahan dan keberkahan,,,selalu tercurahkan.

  56. Syukron barakallhu fiik, ditunggu pola gamis/koko anak ya um :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.897 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: