Apakah Sholat Dhuhur Bagi Wanita Pada Hari Jum’at Harus Menunggu Selesainya Sholat Jum’at?

Beberapa waktu yang lalu ana mengunjungi nenek ana yang kebetulan sedang berada di rumah paman ana. Kebetulan waktu itu adalah hari jum’at. Setelah adzan jum’at selesai nenek ana bertanya : “Saiki wis oleh sholat dhuhur nduk? (Apa sekarang sudah boleh sholat dhuhur, nak?)”

Ana menjawab “Inggih, sampun mbah (Iya, sudah mbah)”,

Lalu nenek ana memanggil pembantu untuk mengantarnya wudhu…

Pembantu tersebut berkata : “sholat jum’ate dereng mantun, dereng angsal sholat mbah..(sholat jum’at belum selesai, belum boleh sholat mbah)”

Lalu nenek ana berkata : “Ora popo jare Nana wis oleh..(gapapa kata Nana udah boleh)”…

Memang dahulu ana sering mendengar pemahaman seperti itu di daerah asal ana. Lalu bagaimana sebenarnya? Apakah hal tersebut ada asalnya dari Qur’an dan Sunnah? Simak fatwa syaikh bin Baz rohimahulloh berikut ini…

***

Oleh: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rohimahulloh

Pertanyaan:

Bagaimana hukumnya bagi sebagian wanita yang mengakhirkan sholat dhuhur pada hari jum’at sampai selang beberapa lama setelah sholat jum’at selesai? Tolong beri tahu kami tentang hal tersebut.

Jawaban:

Hal ini tidak ada asalnya, Itu hanyalah kejahilan mereka. Jika mu’adzin telah adzan atau matahari telah zawal (condong kearah barat) maka pada saat itu boleh bagi wanita untuk sholat dhuhur di rumahnya empat roka’at dan tidak ada hubungannya dengan sholat jum’at.

Dia sholat di rumahnya empat roka’at setelah zawal, walaupun orang-orang belum selesai mengerjakan sholat jum’at. Tidak ada kewajiban baginya untuk menunggu sholat jum’at selesai. Ia sholat dhuhur di rumahnya empat roka’at pada hari jum’at. Dan tidak ada hubungannya dengan sholat jum’at.

Akan tetapi jika ia ikut sholat jum’at dengan orang-orang di masjid maka hal itu sudah cukup baginya. Ia sholat dengan mereka dua roka’at dan hal itu telah mencukupinya dari sholat dhuhur. Seandainya ia menghadiri sholat jum’at dan sholat dengan orang-orang maka telah mencukupinya dari sholat dhuhur.

Namun bila ia sholat di rumah maka ia sholat empat roka’at, baik pada waktu yang bersamaan dengan imam sholat jum’at, setelah ataupun sebelum sholat jum’at jika mereka telat dari waktu zawal. Tapi sholat dhuhurnya ia harus setelah zawal karena sholat dhuhur waktunya adalah setelah zawal.

Jadi jika ia sholat setelah zawal maka sholatnya sah baik bersamaan, setelah ataupun sebelum ditegakkannya sholat jum’at.

***

Diterjemahkan dari: http://www.ibnbaz.org.sa/mat/14846

Artikel http://ummushofi.wordpress.com

***

ما الحكم في أن بعض النساء يؤخرن صلاة الظهر يوم الجمعة إلى بعد صلاة الجمعة بوقت طويل؟ فأفيدونا بذلك؟

ليس لهذا أصل، إنما هو جهل منهن فإذا أذن المؤذن أو زالت الشمس فهنا تصلي في بيتها الظهر أربع ركعات وليس لها شأن في الجمعة، تصلي في بيتها أربع ركعات بعد الزوال ولو صاحب الجمعة تأخر، ليس عليها أن تنتظر الجمعة، تصلي في بيتها الظهر أربعاً يوم الجمعة، وليس لها شأن في الجمعة، لكن لو شهدت الجمعة مع الناس في المسجد كفاها، صلت معهم ركعتين وكفاها عن الظهر، لو حضرت الجمعة وصلت مع الناس الجمعة سدتها عن الظهر، لكن إذا صلتها في البيت فإنها تصليها أربعاً سواءً مع صلاة الإمام الجمعة أو بعده أو قبله إذا تأخر عن الزوال، لا بد أن يكون بعد الزوال، لأن الظهر وقتها بعد الزوال، فإذا صلت إلى بعد الزوال فإن صلاتها صحيحة سواء وافقت صلاة الإمام الجمعة أو بعده أو قبله.

________________
Catatan: Terjemahan fatwa syaikh bin Baz di atas kata-katanya banyak yg berulang-ulang karena fatwa ini adalah transkrip rekaman, jadi ya gaya bicaranya gaya orang ngomong & bukan gaya tulisan, harap dimaklumi.

________________

Tulisan terkait:

About these ads

10 Tanggapan

  1. trimkasih infonya.. mencerahkan..

  2. bener nih um, di daerah saya kejadiannya juga gini, izin share ya um. jazakillahu khairan

  3. tafadhdholi ukhti…mudah2an bermanfaat..
    wa anti fa jazakillahu khoiron

  4. izin share, umm… jazakillah khair…

    tafadhdholi..wa anti fa jazakillahu khoiron

  5. izin share … jazakillah khair…

    wa jazakumullohu khoiro

  6. ijin share yyyyyyy

  7. ukhti, mohon ijin utk ana share.
    jazaakillah khoyron
    abu fathima

  8. Sukron jazakumullah,,.enambah keilmuan

  9. […] ummushofi.wordpress.com […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.905 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: