[Pelajaran dari Kutaib Shifat az-Zaujah ash-Sholihah] Sifat Istri Sholihah: Waspada Terhadap Godaan Setan yang Terkutuk

Pelajaran dari kutaib “Shifat az-Zaujah ash-Sholihah” karya Syaikh Abdurrozzaq al-Badr -hafidzohulloh- (bagian 5)

# Sifat Istri Sholihah yang kedua : Waspada Terhadap Godaan Setan yang Terkutuk

Kemudian diantara sifat istri yang sholihah : Waspada terhadap setan yang terkutuk. Dan setan berperan penting dalam merusak kehidupan ini : merusak agama, akhlaq, mu’amalah, rumah tangga dan ukhuwah, dan merusak segala sesuatu yang baik. Setiap hari ia mengirim utusan dan tentara untuk menegakkan peranannya ini.

Marilah kita renungkan sebuah hadits yang terdapat dalam shohih muslim dari hadits Jabir bin Abdillah rodhiyallohu anhuma bahwasanya Nabi shollallohu alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ إِبْلِيسَ يَضَعُ عَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ، ثُمَّ يَبْعَثُ سَرَايَاهُ، فَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَنْزِلَةً أَعْظَمُهُمْ فِتْنَةً، يَجِيءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ: فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا، فَيَقُولُ: مَا صَنَعْتَ شَيْئًا، قَالَ ثُمَّ يَجِيءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ: مَا تَرَكْتُهُ حَتَّى فَرَّقْتُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ امْرَأَتِهِ، قَالَ: فَيُدْنِيهِ مِنْهُ وَيَقُولُ: نِعْمَ أَنْتَ ” قَالَ الْأَعْمَشُ: أُرَاهُ قَالَ: «فَيَلْتَزِمُهُ»

“Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air lalu dia menyebarkan bala tentaranya.Tentara yang paling dekat kepadanya adalah yang paling besar fitnahnya. Salah seorang dari mereka datang kepada Iblis seraya berkata: “Aku telah melakukan ini dan itu”, Iblis menjawab: ”Kamu tidak melakukan apa-apa”, Lalu datang lagi yang lain kepadanya seraya berkata: “Aku tidak berhenti menggoda seorang lelaki sehingga aku memisahkan antara dia dengan istrinya”, Maka Iblis mendekatkan tentara ini kepadanya dan berkata: “bagus kamu”, Al-A’masy berkata : “maka iblispun memeluknya”. [HR Muslim no. 2813]

Di sini istri yang sholihah perlu untuk memahami bab ini dan mewaspadai hakikat ini, begitu juga suaminya. Keduanya harus waspada bahwa di sana ada musuh yang tersembunyi yang melihatmu tapi engkau tidak melihatnya, mengalir dalam aliran darah dalam urat nadimu, ia meniupkan, membisikkan, menipu dan memperdaya. Semua itu dilakukannya sedangkan engkau tidak melihatnya, memberikan rasa was-was di hati suami dan hati istri, dan memunculkan keraguan-keraguan sampai akhirnya terjadilah permusuhan dan setan memiliki banyak cara untuk melakukannya.

Oleh karena itu as-Sunnah telah menjelaskan cara menjaga diri dari setan ketika masuk rumah, berhubungan suami istri, makan, marah dan dalam setiap perkara yang butuh adanya penjagaan dari setan, agar setan tidak menyertainya dalam keluarganya, rumahnya dan anak-anaknya, maka seseorang perlu menjaga dirinya dengan dzikir-dzikir yang mubarokah, dengan al-Qur’an al-Karim dan doa-doa yang diajarkan Nabi, serta dengan menjaga ketaatan dan ibadah kepada Alloh subhanahu wa ta’ala.

Oleh karena itu diantara sifat istri yang sholihah adalah berhati-hati dari tipu daya setan, godaannya, bisikan-bisikannya, dan apa-apa yang diperdengarkannya ke dalam jiwa dari apa-apa yang berakibat pada rusaknya hubungan suami istri dan menghancurkan kehidupan rumah tangga.

Dan betapa banyak rumah tangga yang berpisah dan tidak ada rujuk setelahnya dengan sebab menuruti keinginan setan dan mengikuti bisakan-bisikannya, jikalau keduanya berlindung kepada Alloh dari setan yang terkutuk dan menjauhi godaan-godaannya, serta bisikan-bisikannya maka masalah itu tidak akan terjadi sehingga tidak akan menghasilkan perceraian!

Dari sini kita harus memperhatikan sebuah peringatan yang bermanfaat: bahwa musuh yang tersembunyi ini yang dia dapat melihatmu sedangkan engkau tidak dapat melihatnya, ia memiliki banyak cara dan pengetahuan untuk merusak manusia.

Pengalaman iblis dalam merusak, menghalangi, memerangi manusia dan menimbulkan permusuhan lamanya mencapai ribuan tahun. Berapa banyak manusia mati dan dikubur dalam keadaan ia telah menjadi pengikut seruan setan dan merupakan hasil pengaruh kerusakan serta kesesatannya. Oleh karena itu rumah tangga muslim sangat membutuhkan penjagaan, membentenginya dan menjauhkannya dari setan yang terkutuk.

***

 

______________________

Tulisan terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: