Aqiqah Dengan Kambing Betina? Sah ngga…??

Oleh: Syaikh Abu ‘Abdil Mu’iz Muhammad ‘Ali Farkus hafidzohulloh

Pertanyaan:

Apakah kambing untuk aqiqah disyaratkan harus yang jantan?

Jawaban:

الحمدُ لله ربِّ العالمين، والصلاةُ والسلامُ على مَنْ أرسله اللهُ رحمةً للعالمين، وعلى آله وصَحْبِهِ وإخوانِه إلى يوم الدِّين، أمّا بعد:

Boleh aqiqah dengan kambing betina berdasarkan sabda Rosululloh shollallohu alaihi wa aalihi wa sallam dari hadits Ummu Kurz al-Ka’biyyah rodhiyallohu anha, ketika ia bertanya kepada Rosululloh tentang aqiqah, beliau menjawab:

عَنِ الغُلاَمِ شَاتَانِ وَعَنِ الأُنْثَى وَاحِدَةٌ لاَ يَضُرُّكُمْ ذُكْرَانًا كُنَّ أَوْ إِنَاثًا

Bagi anak laki-laki 2 ekor kambing dan bagi anak perempuan seekor kambing, tidak memudhorotkanmu apakah kambing itu jantan atau betina.” [1]

Hadits ini menunjukkan bolehnya kambing betina untuk aqiqah.

والعلمُ عند اللهِ تعالى، وآخرُ دعوانا أنِ الحمدُ للهِ ربِّ العالمين، وصَلَّى اللهُ على نبيِّنا محمَّدٍ وعلى آله وصحبه وإخوانِه إلى يوم الدِّين، وسَلَّم تسليمًا.

Al-Jaza’ir, 9 Robi’ul Awwal 1428 H

Bertepatan dengan 28 Maret 2007 M

Catatan kaki:

[1] Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam “adh-Dhohaya” (2835), at-Tirmidzi dalam “al-Adhohiy” (1516), an-Nasa’i dalam “al-Aqiqah” (4218), Ahmad (26962), al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubro (19879), dari hadits Ummu Kurz rodhiyallohu anha, dan hadits ini dishohihkan Ibnul Qoyyim dalam Tuhfatul Maulud (50) dan al-Albani dalam Shohihul Jami’ ash-Shoghir (4106) dan dalam al-Irwa’ (4/391).

***

Diterjemahkan dari http://www.ferkous.com/rep/Bo31.php

Artikel https://ummushofi.wordpress.com

Catatan: nama syaikh tulisan arabnya: (فركوس), ada yang membacanya “Farkus” (dengan fat-hah) dan ada yg membacanya “Firkus” (dengan kasroh). Yang benar adalah “Farkus” dengan fat-hah, sebagaimana tertulis dalam gambar header situs resmi beliau:

***

في جواز العق بالأنثى من الشياه

السـؤال:

هل يشترط في شاة العقيقة أن تكون ذكرًا؟

الجـواب:

الحمدُ لله ربِّ العالمين، والصلاةُ والسلامُ على مَنْ أرسله اللهُ رحمةً للعالمين، وعلى آله وصَحْبِهِ وإخوانِه إلى يوم الدِّين، أمّا بعد:

فتجوز العقيقة بالذكران والإناث لقوله صَلَّى اللهُ عليه وآله وسَلَّم من حديث أمِّ كُرز الكعبية رضي الله عنها لَمَّا سألته عن العقيقة فقال: «عَنِ الغُلاَمِ شَاتَانِ وَعَنِ الأُنْثَى وَاحِدَةٌ لاَ يَضُرُّكُمْ ذُكْرَانًا كُنَّ أَوْ إِنَاثًا»(١)، ففيه دلالة على جواز الشاة الأنثى في العقيقة.

والعلمُ عند اللهِ تعالى، وآخرُ دعوانا أنِ الحمدُ للهِ ربِّ العالمين، وصَلَّى اللهُ على نبيِّنا محمَّدٍ وعلى آله وصحبه وإخوانِه إلى يوم الدِّين، وسَلَّم تسليمًا.

الجزائر في: 9 ربيع الأول 1428ﻫ

الموافق ﻟ: 28 مارس 2007م

١- أخرجه أبو داود في «الضحايا»: (2835)، والترمذي في «الأضاحي»: (1516)، والنسائي في «العقيقة»: (4218)، وأحمد: (26962)، والبيهقي في «السنن الكبرى»: (19879)، من حديث أمِّ كُرزٍ رضي الله عنها، وصحَّحه ابن القيم في «تحفة المولود»: (50)، والألباني في «صحيح الجامع الصغير»: (4106)، وفي «الإرواء»: (4/391).

___________________

Tulisan terkait:

2 Tanggapan

  1. Terima kasih atas informasinya. Izin share ustadz…

  2. terima kasihh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: