Sebaik-baik Shof Wanita Adalah Yang Paling Belakang

Oleh: Syaikh Muhammad Ali Farkus hafidzohulloh

Pertanyaan:

Jika para wanita mendirikan sholat jama’ah diantara mereka sendiri, apakah keutamaan shof akhir bagi mereka tetap berlaku? Ataukah shof awal yang lebih utama?

Jawaban:

الحمدُ لله ربِّ العالمين، والصلاة والسلام على من أرسله اللهُ رحمةً للعالمين، وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين، أمّا بعد:

Hadits yang menjelaskan tentang shof wanita bahwa yang paling baiknya adalah yang paling belakang dikarenakan banyaknya ganjaran, keutamaan dan jauhnya dari bercampur-baur dengan laki-laki serta sebaliknya tercelanya shof pertama, yang zhohir dalam hadits tersebut adalah tetap berlaku keumumannya (yakni shof terbaik adalah yang paling belakang, pent) jika para wanita sholat berjama’ah bersama para laki-laki, baik dengan adanya pembatas/hijab yang memisahkan antara wanita dan laki-laki ataupun tidak adanya hijab tersebut.

Adapun jika para wanita sholat berjama’ah diantara mereka sendiri terpisah dari laki-laki (tidak berjamaah bersama laki-laki, pent), maka baik-buruknya shof wanita sama hukumnya dan penerapannya dengan shof laki-laki dari sisi banyaknya pahala pada shof yang pertama dan tidak afdolnya shof yang terakhir. Dan yang juga menunjukkan bahwa keutamaan ada di shof pertama adalah pada kondisi ketika seorang wanita mengimami para wanita lainnya, dimana ia berdiri di tengah-tengah mereka pada shof pertama, kemudian dibelakangnya shof-shof berikutnya yang lebih rendah pahala dan keutamaannya. Dan telah tsabit (shohih) dari Aisyah rodhiyallohu anha bahwa beliau mengimami para wanita pada sholat wajib, dan beliau mengimami di tengah-tengah mereka[1]. Demikian pula Ummu Salamah rodhiyallohu anha pada sholat ‘Ashar, beliau berdiri ditengah-tengah shof mereka[2].

An-Nawawi rohimahulloh berkata: “Adapun shof laki-laki, maka ia berlaku sebagaimana keumumannya. Selama-lamanya yang terbaik adalah yang pertama dan yang terburuk adalah yang terakhir. Adapun shof wanita, maka yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah shof wanita yang sholat bersama laki-laki, dan jika mereka sholat berjama’ah secara terpisah tidak berjama’ah bersama laki-laki, maka hukum shof mereka seperti laki-laki dimana sebaik-baik shof mereka adalah yang pertama dan yang terburuk adalah yang terakhir. Dan yang dimaksud shof terburuk bagi laki-laki dan wanita adalah yang paling sedikit pahala dan keutamaannya serta yang paling jauh dari tuntutan syari’at, dan kebalikannya adalah shof yang pertama. Dan keutamaan shof terakhir bagi wanita yang sholat bersama laki-laki dikarenakan jauhnya mereka dari bercampur baur dari laki-laki, dan dari melihat mereka, dan ketertarikan hati ketika melihat gerakan mereka dan mendengar perkataan mereka dan yang selainnya dan keburukan shof yang pertama bagi wanita adalah karena sebaliknya.” [3]

Aku katakan: dan makna alasan an-Nawawi bahwa keburukan shof wanita dikarenakan dekatnya mereka dengan laki-laki  dari segi ikhtilath (campur baur, pent) dan fitnah, akan tetapi alasan ini – jika memang ini merupakan pendapat beliau- bertentangan dengan sikap Rosululloh shollallohu alaiki wa sallam yang tidak melakukan saddu adz-dzari’ah (menutup pintu wasilah kepada keburukan, pent) terhadap adanya ikhtilath dan fitnah di masjid dengan tidak meletakkan hijab yang benar-benar memisahkan shof laki-laki dan wanita dengan alasan ikhtilath dan fitnah. Dan Nabi shollallohu alaihi wa aailihi wa sallam telah menunaikan amanah dakwah dengan sebaik-baik penyampaian dan menegakkan kewajiban menasihati ummat dengan sempurna, dan beliaupun tidak meninggalkan satu perkarapun dari perkara agama ini –baik yang besar ataupun yang kecil- melainkan beliau telah sampaikan kepada ummatnya. Alloh ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ

“Wahai Rosul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Robb-mu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya.” [QS al-Ma`idah 67]

Oleh karena itu, masalah ini tidak keluar dari dua masalah:

  • Bisa jadi Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam melihat adanya maslahat yang lebih besar dengan tidak dipasangnya hijab yang memisahkan jama’ah sholat laki-laki dan wanita dengan adanya mafsadah berupa ikhtilath dan fitnah.
  • Atau hukumnya bersifat ta’abbudi (murni peribadatan) untuk suatu hikmah yang diketahui Alloh ta’ala, dan tidak diketahui oleh akal kita yang terbatas.

Dan yang lebih selamat dalam masalah ini adalah mengamalkan nash yang ada tentang keutamaan shof laki-laki dan seburuk-buruk shof wanita jika mereka sholat berjama’ah bersama laki-laki secara mutlak, baik dengan ada hijab pemisah ataupun tidak ada hijab pemisah. Berbeda jika para wanita sholat berjama’ah secara terpisah (tidak berjama’ah dengan laki-laki), maka hukum shof mereka sama dengan shof laki-laki.

والعلمُ عند الله تعالى، وآخر دعوانا أنِ الحمد لله ربِّ العالمين، وصلى الله على نبيّنا محمّد وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين، وسلّم تسليمًا.

Al-Jjazair, 18 Sya’ban 1426 H

Bertepatan dengan: 2 Oktober 2005 M

___________________

Catatan kaki:

[1]– Diriwayatkan oleh al-Hakim dalam al-Mustadrok (731), al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubro (5393), Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushonnaf (4945), dan Abdurrozzaq dalam al-Mushonnaf (5083).

[2]– Diriwayatkan Muslim dalam al-Hajj bab Hajjatun Nabi shollallohu alaihi wa alihi sallam (2950), Abu Dawud dalam al-Manasik bab Sifatu Hajjatin NAbi (1905), an-Nasa’i dalam ath-Thoharoh bab ma taf’al an-nufasa’ indal ihrom (291), Ibnu Majah dalam al-Manasik bab Hajjatu Rosulillah (3074), dan ad-Darimi dalam Sunan-nya (1854) dari hadits Jabir bin Abdillah rodhiyallohu anhuma.

[3]– Syarah Muslim oleh an-Nawawi (4/159-160).

***

Diterjemahkan dari Web resmi Syaikh Abu Abdil Mu’iz Muhammad bin Ali Farkus Hafidzohulloh, http://www.ferkous.net/rep/Bd103.php dengan diedit berupa penebalan & garis bawah pada tempat-tempat yg kami anggap perlu. ummushofi.wordpress.com.

***

في أفضلية صفوف النساء إذا صلين لوحدهنالسـؤال:

إذا أقامت النساءُ جماعةً لوحدهنَّ، فهل تبقى أفضليةُ الصف الأخير في حقهنَّ قائمة؟ أم يصبح الصفُّ الأول فاضلاً؟

الجـواب:

الحمدُ لله ربِّ العالمين، والصلاة والسلام على من أرسله اللهُ رحمةً للعالمين، وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين، أمّا بعد:

فالحديثُ الوارد في بيان صفوفِ النساءِ أنَّ خَيْرَهَا آخرُها لكثرة الثواب والفضلِ والبعدِ عن مخالطة الرجال، وذُمَّ أوَّلها لعكس ذلك فإنَّ الظاهرَ منه بقاءُ عمومِه إذا صَلَّيْنَ مع الرِّجال سواء مع وجود حائلٍ يفصلُ بين النساء والرجال أو مع انعدامه.

أمَّا إذا صَلَّيْنَ لوحدهنَّ متميِّزاتٍ من غير وجود الرجال معهنَّ، فإنَّ خيريةَ الصفوفِ من شرِّها تأتي موافِقةً للرجال في الحُكم ومطابقةً لهم من حيث كثرةُ ثوابِ الصفوف الأولى وقِلة فضل الأخيرة، ويَدلُّ على أنَّ الخيريةَ والأفضليةَ لا تخرج عن الصفوف الأولى كون المرأة إذا أَمَّتِ النساءَ تقوم بَينهُنَّ في وسطهن من الصف الأول، ثمّ تليها الصفوف الأخرى من جهة الثواب والأفضلية، وقد ثبت عن عائشة رضي الله عنها «أَنَّهَا أَمَّّتْ نِسْوَةً فِي المَكْتُوبَةِ فَأَمَّتْهُنَّ بَيْنَهُنَّ وَسَطًا»(١)، وكذلك أُمُّ سلمةَ رضي الله عنها في صلاة العصر قامت بينهنَّ(٢).قال النووي -رحمه الله-: «أَمَّا صفوفُ الرِّجال فهي على عمومها فخيرها أولها أبدًا وشرُّها آخرها أبدًا، أمَّا صفوفُ النساء فالمراد بالحديث صفوف النساء اللواتي يُصلِّينَ مع الرِّجال، وأمَّا إذا صَلَّينَ متميِّزات لا مع الرجال فهنَّ كالرجال خير صفوفهنَّ أوَّلها وشرُّها آخرها. والمراد بشرِّ الصفوف في الرجال والنساء أقلّها ثوابًا وفضلاً وأبعدها من مطلوب الشرع، وخيرها بعكسه، وإنما فضل آخر صفوف النساء الحاضرات مع الرجال لبعدهِنَّ من مخالطة الرجال ورؤيتهم وتعلق القلب بهم عند رؤية حركاتهم وسماع كلامهم ونحو ذلك، وذم أول صفوفهن لعكس ذلك»(٣).

قلت: ومعنى تعليل النووي بأنَّ شرَّ صفوف النساء فلأجل قُربهنَّ من الرجال على وجه المخالطة والفتنة، وهذا التعليل -وإن كانت له وجاهته- إلاَّ أنّه قد يعكِّر عليه عدم سدِّه صَلَّى اللهُ عليه وآله وسَلَّم لذريعة المخالطة والفتنة في المسجد بوضع حائل يفصل بين صفوف الرجال والنساء قطعًا للمخالطة والفتنة، ولما كان النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وآله وسَلَّم قد أَدَّى أمانة الدعوة والتبليغ خير أداء، وقام بواجب نصح الأُمّة أتمَّ القيام فلم يترك أمرًا من أمور الدين صغيرًا كان أو كبيرًا إلاّ بلغه لأمته، قال تعالى: ﴿يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ﴾ [المائدة: 67].

وعليه، فإنّ هذه المسألة لا تخرج عن أمرين:- إمَّا أن يكون النبي صَلَّى اللهُ عليه وآله وسَلَّم رأى مصلحةً غالبةً في عدم وضع حائلٍ فاصلٍ بين الذكور والإناث على مفسدة المخالطة والفتنة.

– وإمّا أن يكون ورد الحكم تعبّدًا لحكمة يعلمها الله تعالى، وغابت عن عقولنا القاصرة.

والأسلم في ذلك العمل بالنصّ الوارد في خير صفوف الرجال وشرّ صفوف النساء إذا صلين مع الرجال مطلقًا سواء بوجود حائل فاصل أو مع عدم وجوده. بخلاف ما إذا صلين متميّزات لوحدهنّ فإنّ حكمَ صفوفهنّ كصفوف الرجال.

والعلمُ عند الله تعالى، وآخر دعوانا أنِ الحمد لله ربِّ العالمين، وصلى الله على نبيّنا محمّد وعلى آله وصحبه وإخوانه إلى يوم الدين، وسلّم تسليمًا.الجزائر في 18 شعبان 1426ﻫ
الموافقﻟ: 2 أكتوبر 2005م


١- أخرجه الحاكم في «المستدرك»: (731)، والبيهقي في «السنن الكبرى»: (5393)، وابن أبي شيبة في «المصنف»: (4945)، وعبد الرزاق في «المصنف»: (5083).

٢- أخرجه مسلم في «الحج»، باب حجة النبي صلى اللهُ عليه وآله وسَلَّم: (2950)، وأبو داود في «المناسك»، باب صفة حجة النبي: (1905) والنسائي في «الطهارة»، باب ما تفعل النفساء عند الإحرام: (291)، وابن ماجه في «المناسك»، باب حجة رسول الله: (3074)، والدارمي في «سننه»: (1854)، من حديث جابر بن عبد الله رضي الله عنهما.

٣- «شرح مسلم» للنووي: (4/159-160).

Tinggalkan komentar