Bolehkah Sholat Sambil Menggendong Anak yang Memakai Popok Diapers?

popokSeringkali seorang ibu harus membawa anaknya yang masih bayi untuk ikut bersamanya ketika sholat..dan seringkali seorang ibu harus menggendong anaknya tersebut karena menangis atau berjalan-jalan kesana kemari..

Menggendong anak ketika sholat memang pernah dicontohkan oleh Nabi shollallohu alaihi wasallam sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dari Abu Qotadah : bahwasanya nabi shollallohu alaihi wasallam pernah menggendong Umamah bintu Zainab (cucunya) ketika sholat. Bila beliau sujud, beliau  meletakkannya.

Namun bagaimana jika anak tersebut memakai popok diapers seperti pada zaman sekarang, dimana di dalamnya terdapat najis? Apakah dibolehkan bagi seorang ibu menggendong anak tersebut? Berikut jawaban Ustadz Muhammad Arifin Badri hafidhohulloh mengenai hal ini..

Semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi para ibu..

Oleh : Ustadz Muhammad Arifin Badri hafidzohulloh

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Ketika berbincang dengan teman yang sudah menjadi ummahat, beliau bercerita, jika ia sedang sholat dan si anak mengangis maka ia akan ambil anaknya dan menggendongnya, jadi ia sholat dengan tetap menggendong si anak. Ketika ana tanyakan padanya, apakah rasul dulu juga seperti itu? ia bilang ya, apakah itu benar ustadz? apakah sholatnya tetap sah? karena setahu ana kan hanya diperbolehkan tiga gerakan saja? bagaimanakah sholat Rasulullah. Jazakumullah jika dijelaskan, ini sangat berguna jika sudah menjadi ummahat kelak. tentunya seorang ibu akan sangat resah jika anak menangis, sholat tdk dapat khusyu’ dan tentunya akan ringan rasa itu jika diperbolehkan menggendong anak dalam sholat.

Jawaban Ustadz:

Alhamdulillah, sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rosululloh, keluarga, sahabat dan seluruh pengikutnya hingga hari kiamat, amiin.

Langsung saja, betul, dahulu Rosululloh shalallahu ‘alaihi wa sallam kadang kala mengangkat cucunya, Hasan, Husain, Umamah rodhiallohu anhum ketika sedang sholat, bahkan suatu saat ketika beliau sedang sholat, beliau menggendong cucunya yang bernama Umamah bin Abil ‘Ash, sehingga ketika sedang berdiri, beliau menggendongnya, dan ketika ruku’ dan sujud, beliau menurunkannya, padahal kala itu beliau sholat mengimami para sahabatnya. Kisah ini diriwayatkan oleh Imam Al Bukhori dan Muslim dan juga lainnya. Oleh karena itu para ulama’ menegaskan bahwa boleh bagi orang yang sedang sholat untuk mengangkat, atau menggendong anak kecil.

Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat, yaitu ketika kita hendak menggendong anak kecil dalam sholat, maka anak tersebut harus dalam keadaan suci, tidak sedang ngompol, atau bajunya dalam keadaan najis, atau mengenakan popok atau diapers yang tentunya berisikan najis. Sebab orang yang sedang sholat diperintahkan untuk meninggalkan atau melepaskan setiap yang najis dari pakaian, atau sandal atau kaus kaki atau tempat ia sholat.

Dengan demikian bila anak kita mengenakan diapers, maka kita tidak boleh menggendongnya, karena biasanya si anak telah pipis atau bahkan buang air besar di dalamnya, sehingga bila kita menggendongnya berarti kita membawa najis ketika sedang sholat, dan ini tentunya terlarang. Dahulu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah sholat mengenakan sandal, dan ketika di tengah-tengah sholat tiba-tiba beliau melepaskan kedua sandalnya, sehingga para sahabat pun ikut-ikutan melepaskan sandalnya. Seusai sholat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa ia diberi tahu oleh Malaikat Jibril bahwa di sandalnya terdapat kotoran (najis), oleh karena itu beliau melepaskan sandalnya. Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Al Baihaqi, Ad Darimi dan lain-lain. Semoga jawaban pendek nan singkat ini cukup memberikan gambaran bagi kita semua. Wallohu a’lam bisshowab.

***

Penanya: Winna

Dijawab Oleh: Ustadz Muhammad Arifin Badri

Sumber : muslim.or.id

14 Tanggapan

  1. Assalaamu’alaikum.
    Akhirnya dibahas juga, alhamdulillaah ana dapat ilmu lagi…
    Oiya, dapat salam dari ukhti arlin dan ukhti vinca!

    wa’alaikumussalam warohmatulloh
    hehe..iya nih…tapi permintaan anti yang dulu belum dik..
    oo..ketemu sama ukhti arlin ma vinca ya..atau sms?
    gimana kabar mereka sekarang? tinggal dimana?
    alaiki wa alaihimassalam..

  2. Gak apa2 mbak, ana maklum koq insyaAlloh. Nanti insyaAlloh kalo sudah ada kesempatan dan kemampuan, tolong dibahas ya…
    Sampai lupa nih bilang Jazaakillahu khoiron, karena insyaAlloh ana banyak mengambil manfaat dari blog ini…

    Ana belum ketemu ukht arlin dan vinca, cuma kirim pesan aja. Alhamdulillah mereka telah dikaruniai seorang putri. Arlin sekarang tinggal di tangerang, Vinca di kediri.

    insyaAlloh dik, semoga Alloh memudahkan..
    alhamdulillah dapat info tentang ukhti Arlin dan Vinca..
    Wa jazakillahu khoiron katsiro..

  3. Assalaamu’alaikum…

    Ana ijin copas ya ukhti…

    Jazakillah khoiron..

    wa’alaikumussalam warohmatulloh
    tafadhdholi ukhti..
    wa jazakillahu khoiron…

  4. Untuk pelengkap, ada fatwa Syaikh bin Baz:

    حمل الطفل أثناء الصلاة
    هل يجوز حمل الطفل أثناء الصلاة وهو لم يحلق بعد من شعره -شعر الولادة-؟
    لا حرج في ذلك، الحمد لله، النبي – صلى الله عليه وسلم- وهو حامل أمامة بنت زينب، ……. فكان إذا سجد وضعها وإذا قام حملها، عليه الصلاة والسلام إلا أن تعلم أن عليها نجاسة فلا تحملها حتى يزال عنها ما فيها من النجاسة

    Monggo diterjemahin…

    Sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/14266

    sip2..! tapi lain kali langsung diterjemahin aja..biar enak..hehe..!

  5. Berikut terjemahan dari fatwa Syaikh bin Baz tambahan dari Abu Hammad :

    Menggendong Anak Ketika Sholat

    Pertanyaan : Bolehkah menggendong anak ketika sholat, dan anak tersebut belum digundul rambutnya –yaitu rambut bawaan lahir-?

    Jawaban :
    Yang demikian tidak mengapa, Alhamdulillah. Nabi shollallohu alaihi wa sallam, beliau menggendong Umamah bintu Zainab,…. maka jika beliau sujud beliau meletakkannya, dan menggendongnya lagi ketika beliau berdiri -alaihish sholatu wassalam-, kecuali jika engkau mengetahui bahwa pada anak tersebut terdapat najis maka janganlah menggendongnya (sambil sholat) sampai hilang padanya najis tersebut.

  6. Lalu bagaimana solusinya jika misalnya kita harus membawa anak kita ke masjid untuk kajian lalu tiba waktu sholat sedangkan ia memakai popok diapers?
    pertama, bawalah popok diapers pengganti dari rumah. Jika tiba waktu sholat, gantilah popoknya dan cebokin, sehingga waktu sholat anak dalam keadaan suci dari najis dan bisa digendong.
    kedua, kalau ada akhwat yang tidak ikut sholat karena sedang haid dan anti kenal/bisa dipercaya maka titipkan padanya.
    ketiga, jika anti tidak membawa popok diapers pengganti atau tidak ada akhwat yang bisa dititipi tapi anak anti tidak rewelan, maka cukup ditaruh aja tidak perlu digendong.
    keempat,jika anak anti biasanya rewel/suka nangis kenceng jika ditinggal sholat sedang tidak ada akhwat yang bisa dititipi dan tidak bawa popok diapers pengganti, mungkin lebih baik sholat dirumah jika masih ada waktu untuk sholat di rumah atau bisa juga sholat sendirian setelah jamaah selesai, sehingga bisa dititipkan ke teman anti.
    Wallohu a’lam

  7. ​​‎​​‎​السَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُه
    Subhanallah. Jazakillah anti atas artikelnya. Benar2 berguna buat ana pribadi.
    Salam kenal juga.
    Ana ijin copas.

    Ummu Azzam

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    salam kenal juga, silahkan ukh…

  8. […] lebih jelasnya dibawah ini saya nukilkan dari blog Ummu Shofi Bolehkah Sholat Sambil Menggendong Anak yang Memakai Popok Diapers?  dan Terlanjur Sholat Sambil Menggendong Anak yang Ngompol di Popoknya, Perlukah […]

  9. subhanallah .. ilmu yg sangat bermanfaat … jujur ana baru tahu lho

  10. alhamdulillah ukhti…jika bisa memberi manfaat bagi anti

  11. salam kenal ummu..makasi atas ilmunya moga bisa manfaat..izin di share ke teman lainnya

    salam kenal juga…tafadhdholi..

  12. Jazaakillah atas iinfonya. seoga berkah..

  13. Jazakillah khoirn atz artikelny.. salam kenal dari ana… semoga Allah senantiasa memberikan pemahaman dien pada anti.. agar bisa teruz membemberikan artikel yang bermanfaat.. izin share yc umm..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: