Hukum Memotong / Memendekkan Rambut Bagi Wanita (3)

guntingrambut[Sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya, kali ini ana bawakan pendapat Syaikh al-Albani rohimahulloh tentang hukum memotong rambut bagi wanita. Semoga bisa menambah faidah…]

Oleh : Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahulloh

Pertanyaan :

Apa hukum seorang wanita memotong rambutnya?

Jawab :

Seorang wanita yang memotong rambutnya harus dilihat dari faktor pendorongnya, jika ia memotongnya dengan tujuan menyerupai wanita-wanita kafir atau fasik, maka tidak boleh ia memotongnya dengan niat tersebut.

Adapun jika ia menyenangkan suaminya, maka saya tidak melihat adanya larangan atas perbuatan memotongnya dengan maksud meringankan beban rambutnya atau untuk tersebut. Di dalam shohih Muslim :

أن نساء النبي صلى الله عليه وسلم.كن يأخذن من شعورهن حتى تكون كالوفرة

“Bahwasanya isteri-isteri Nabi shollallohu alaihi wa sallam mengambil (memotong) rambut-rambut mereka hingga seperti wafroh.”

____________

Sumber : majalah al-Ashaalah: I : 47-48

Disalin dari buku Biografi Syaikh al-Albani, penerjemah Ustadz Mubarok Bamuallim, Penerbit Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Teks Arab ada di : http://www.almenhaj.net/makal.php?linkid=1876

***

سئل الشيخ محمد ناصر الدين الألباني ـ رحمه الله ـ : ما حكم أخذ المرأة شيئا من شعرها؟فأجاب : قص المرأة شعرها ينظر فيه للدافع إلى هذا العمل:

فإذا كانت المرأة تقص شعرها تشبها بالكافرات أو الفاسقات؛ فلا يجوز أن تقصه لهذه النية. وأما إن كانت تقصه تخفيفا من شعرها، أو تحقيقا لرغبة زوجها؛ فلا أرى في ذلك مانعا.

وقد جاء في (صحيح مسلم) أن نساء النبي صلى الله عليه وسلم.كن يأخذن من شعورهن حتى تكون كالوفرة.

فتاوى العلامة محمد ناصر الدين الألباني

مجلة الأصالة

2 Tanggapan

  1. lw qta mmkai jilbab rmbut pnjang…kmngkinan akn gerah….

    Rambut panjang atau pendek menurut ana tidak terlalu beda sebenarnya….sama2 gerah kalo memang kita hidup di daerah yang panas..tapi insyaAlloh jika terbiasa tidak apa2 ukhti..
    Cukuplah kita mengingat bahwa panasnya dunia tidak ada apa2nya jika dibanding dengan panasnya api neraka..
    Semoga hal itu akan menguatkan hati kita dalam memakai jilbab..

  2. aslmkm wr wb afwan mo nanya apakh rebonding/keriting rmbut trmsuk mngubah ciptaan Allah shg tdk diperbolhkn? bgmn jk untk menyenanggkn suami? jzkmullh khairn

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh,

    Wallohu a’lam ukhti, masalah ini masih ana pelajari dulu, terutama masalah dhobit taghyir kholqillah-nya, insyaAlloh kalau sudah ada penjelasan yg mantap akan ana posting di blog ini.

Tinggalkan komentar