Resep : Ketoprak

Makanan asli betawi ini adalah salah satu favorit zauj. Kalau di jawa mungkin serupa gado-gado. Tapi kalau ketoprak isinya tahu, taoge, dan bihun. Alhamdulillah masaknya cepat dan mudah. Maklumlah ada 2 anak kecil… Jadi penginnya masak yang cepet-cepet..!!

Ketoprak

Bahan :

  • 1 buah tahu cina, potong dadu, goreng setengah matang
  • bihun, seduh dengan air panas
  • taoge, rebus
  • 2 butir telur, rebus, masing-masing belah 4
  • lontong, potong-potong
  • Bawang goreng
  • krupuk

Bumbu kacang :

  • 5 genggam kacang tanah, gorengi dengan sedikit minyak sampai kuning kecoklatan
  • 3 sdm gula merah sisir
  • 5 sdm kecap manis
  • 2-3 buah cabe rawit, goreng
  • 2 siung bawang putih, goreng
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Cara membuat :

  • Haluskan bumbu kacang (kalau punya blender, pake blender aja, biar gak capek ngulek, hasilnya juga lebih halus)
  • Taruh tahu, taoge, bihun, telur dan lontong di piring
  • Siram dengan bumbu kacang
  • Taburi bawang goreng
  • Jangan lupa krupuknya..
  • Hemm ladziidz…

Mudahkan…? Selamat mencoba…!

3 Tanggapan

  1. wah dulu ana sering jajan ketropak kalo pas pulang kuliah. Gampang juga ya bikinnya. Jazakillah khair umm..^^
    oh ya ana ijin nge-link blog anti ya..

    kalo ana baru tau ketoprak pas udah tinggal di jakarta,
    kirain apa..kok namanya ketoprak sih? eh ternyata kayak gado-gado..
    silahkan ukhti ana juga nge-link blog anti ya…!
    jazakillahu khoiron

  2. oo..anti tinggal di jakarta ya mba?ana kira di blitar,apa nti lhrnya di blitar ya?kalo ana dr jkt tp tinggal di jember.
    wuihh ana suka bgt lho mba ma ketoprak..
    nt kalo ana pas lg ke jakarta mw beli ahh..
    nti di jakarta mana?

    iya..ana baru 2 tahun ini tinggal di Jakarta ukh..ikut zauji..
    Zauji yang asli Jakarta… (tapi keturunan Blitar juga)
    ana lahir dan besar di Blitar..Trus kuliah di Malang..kemudian baru tinggal di Jakarta..
    Ana di Cibubur ukh..
    Kalau ke Jakarta kapan-kapan mampir ya…
    Zauji juga suka banget ma ketoprak…
    Makanya ana belajar bikin deh..
    biar tambah disayang sama zauj…hehe..

  3. Aduh jadi ngiler Umm..
    Ana pas di jakarta sblm ke Mesir nyobain ketoprak, penasaran ini makanan apa gitu.
    Dan akhirnya jd ketagihan, tp disini ga ada Umm…
    Mau bikin toge ga ada :-(

    ana sekarang juga jadi suka ketoprak ukh..
    Wah ga ada toge ya…Nanti aja ukh bikin ketopraknya..kalo pas pulang ke Indonesia..tapi kalo di Jakarta tinggal beli aja..
    penjual ketoprak banyak…bertebaran dimana-mana…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: