Tidak Sepatutnya Bagi Wanita Membaca al-Qur’an dengan Tajwid di Hadapan Laki-laki yang Bukan Mahrom

Oleh : asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahulloh

Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahulloh berkata :

Seorang pengajar al-Qur’an (laki-laki,red) jika mengajari wanita melalui telepon kemudian para wanita tersebut membaca dan memperdengarkan suaranya kepada pengajar al-Qur’an tadi, maka hukumnya sama dengan jika ia mendengar suara qiro’ah mereka dari balik hijab dengan tidak terlihatnya para wanita tersebut, fitnah terjadi pada dua keadaan ini. Baik ia mendengar suara mereka secara langsung melalui media udara atau angin tanpa perantara kabel atau dengan kabel (telepon, dll. red) maka sesungguhnya suara tersebut adalah suara wanita itu juga.

Dan suara wanita bukanlah aurat, menyelisihi dengan apa yang masyhur di kalangan orang-orang, akan tetapi disyaratkan pada hal ini suaranya tersebut adalah suara yang biasa. Adapun jika wanita itu membaca dengan ghunnah, iqlab dan idzhar dan seterusnya begitu pula mad thobi’i, muttashil, dan munfashil, dan inilah yang disebut tajwid, Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda :

من لم يتغن بالقرآن فليس منا

“barangsiapa yang tidak melagukan al-Qur’an maka ia bukan dari golongan kami”

Jadi wanita juga seharusnya melagukan al-Qur’an, akan tetapi tidak boleh di hadapan laki-laki secara mutlak, baik melalui radio ataupun telepon.

***

[Sumber : Silsilah Fatawa Jeddah kaset no. 20, http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=336952]

العلامة الألباني: لا ينبغي أن تجود المرأة القرآن أمام الرجال
هذه فتوى للشيخ الألباني من سلسلة فتاوى جدة في الشريط العشرين
قال رحمه الله تعالى:
(( أن المقرئ إذا كان يُعَلِّم النساء بواسطة الهاتف ثم هنّ يَقْرَأْنَ ويُسْمِعْنَ صوتهن للمقري فالحكم كما لو سمع صوتهنّ من وراء ستارة ولا يرى أجسامهنّ فالفتنة حاصلة على الوجهين سمع صوتهن بواسطة الأثير والهواء دون وسيلة الأسلاك هذه أو بواسطة الأسلاك فالصوت هو صوت المرأة عينه.
وصوت المرأة ليس بعورة خلاف ما هو مشهور عند الناس ولكن يشترط في ذلك أن يكون صوتها ذلك الصوت الطبيعي أما وهي تقرأ بالغنة والإقلاب والإظهار و و إلى آخره والمد الطبيعي والمتصل والمنفصل وهذا هو التجويد ويأتي قوله عليه السلام: (من لم يتغن بالقرآن فليس منا)، إذاً هي ينبغي أن تتغنى بالقرآن فلا ينبغي أن يكون هذا أمام الرجال إطلاقاً سواء كان بواسطة الإذاعة أو بواسطة التلفون ))

2 Tanggapan

  1. Fatwa syaikh Ali bin Hasan al-Halabi:
    سؤال الفتوى : هل يجوز للمرأة أن تتعلم التجويد و أحكام التلاوة مشافهة وتسميعا على شيخ متقن ، مع مراعاة الحجاب وعدم الخلوة ؛ وإذا كان الأمر غير جائز فما هي النصيحة الموجهة لطلبةالعلم الذين يعلمون النساء علما أن الأمر لا يخلو من فتنة
    الجواب :
    أرى أن الأصل عدم الجواز، بسبب العلة المذكورة في السؤال نفسه..
    فإن كان ولا بد: فبين يدي شيخ مسن ثقة مأمون دون خلوة ومع وجود المحرم..
    والأفضل -بلا شك- أن يكون ذلك فيما بين النساء -فقط -..
    والله المستعان..

    http://www.alhalaby.com/play.php?catsmktba=15
    Monggo di…

    sip2, insyaAlloh diposting baru aja ya…jazakallohu khoiron yaa zauji..
    [Link terjemahan]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: