Opor Putih Asem Manis Pedas

Mulanya zauj minta dibikinin garang asem yang cara memasaknya dikukus pake daun pisang, tapi karena ga ada daun pisang, ana tumis bumbunya. Lalu resepnya iseng-iseng ana tambah sere, eh rasanya jadi mirip opor. Boleh juga nih buat variasi menu lebaran. Biar ga bosen dengan opor yang biasa…

oporasammanispedas

Bahan :

½ kg ayam,potong-potong,lumuri dengan jeruk nipis 15 menit

5 pasang ati ampela,rebus,buang airnya

10 buah blimbing sayur (blimbing wuluh) potong-potong (ukurannya yang sedang,jika blimbingnya gede-cukup 7-8 aja)

5 lembar daun salam

1 batang sere ambil putihnya, memarkan

3 cm lengkuas, memarkan

130 ml santan kental (ana pakai 2 bungkus santan kara)

20 buah cabe rawit merah utuh (kalau suka pedas bisa diiris-iris sebagian)

2 sdm gula pasir (zauj suka yang rasanya manis)

garam secukupnya

5 gelas air

Bumbu yang dihaluskan :

10 butir bawang merah

6 butir bawang putih

4 buah kemiri

1 sdt ketumbar

1 sdt garam

Cara memasak :

Tumis bumbu halus bersama sere, daun salam dan lengkuas hingga harum.

Setelah harum masukkan ayam dam ati ampela, aduk sebentar, tuangi air.

Masukkan blimbing sayur dan cabe rawit.

Tutup dan masak sampai ayam dan ati ampela empuk, dan air tinggal setengah

Tuangkan santan, sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.

Icipi,jika kurang gula tambahkan gula dan jika kurang asin tambahkan garam

– masak lagi beberapa saat,lalu matikan api dan  siap dihidangkan

6 Tanggapan

  1. aku pesen resep ketoprak ya…

    iya,ntar dulu ya, aku bikinnya masih suka gagal

  2. Assalamualaikum
    wah ibu yang satu ini pinter banget masak..ajari donk bu….hehehe
    boleh kok resep2 pilihan keluarganya dikirim ke email ;);) ;)

    wa’alaikumussalam wa rohmatulloh
    anti kan juga pinter masak, anti aja yg kirim resep ke email ana, ntar ana tampilin disini.

  3. assalaamu’alaikum
    wah,kyknya enak Bu masakannya…
    rasa asem manis pedas…kayak nano-nano, rame rasanya,^^

  4. wa’alaikumussalam wa rohmatulloh,

    iya tuh akh, ana mintanya garang asem jadinya malah nano-nano pedas… hehehe…

    tapi kan enak…
    iya deh, kapan-kapan aku bikinin garang asem..insyaAlloh, tapi panjatin pohon blimbingnya ya..!

  5. Assalamualaikum,ummu shofiyyah

    ana memang belum berani bermain dengan bumbu,jadinya setiap masak sayur pasti pakai garam, kalau engga ya penyedap rasa. Jadinya selalu di kritik suami(maklum kami cuma berdua)Jadi irit. Bagaimana ya biar ana bisa bermain dengan bumbu gulai, opor.Biar jadi pintar.Makasih jazakillah khoir.
    wassalamualaikum.

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    mungkin butuh sering mencoba dan latihan ukhti…dulu ana suka nyoba2 resep di majalah atau di internet…lama2 jadi lumayan banyak masakan yang ana bisa..
    wa anti fajazakillahu khoiron…

  6. Salam kenal..

    Opor putih, tapi di gambar kuning .. Kuningnya darimana ya..

    Tapi ana mau nyoba, kelihatannya ladzidz …
    apalagi sebentar lagi lebaran.. :)

    Syukran Umm…

    kuningnya dari minyak yang buat numis ukh, atau bisa juga dari rebusan kaldu ayamnya..tapi ga kuning banget kok …cuman bagian atasnya aja..
    kalo di ciduk warnanya ya putih ukh..
    selamat mencoba ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: