Cara Membuat Jilbab Segitiga

Oleh: Ummu Shofiyyah al-Balitariyyah

الحمدُ لله ربِّ العالمين، والصلاةُ والسلامُ على مَنْ أرسله اللهُ رحمةً للعالمين، وعلى آله وصَحْبِهِ وإخوانِه إلى يوم الدِّين، أمّا بعد:

Mau bikin jilbab besar tapi irit bahan? bikin aja jilbab segitiga… kain yg dibutuhkan cuma 1,5 m x 1,5m aja… Jilbab ini lebarnya hampir sama seperti jilbab bundar selutut, padahal untuk membuat jilbab bundar selutut kain yang membutuhkan adalah 2,25 meter.

Jika kita andaikan harga kain yang kita gunakan adalah Rp. 20 ribu per meter, maka untuk membuat jilbab segitiga ini hanya memerlukan 1,5 meter atau Rp. 30 ribu aja… sedangkan untuk membuat jilbab bundar selutut diperlukan 2,25 meter atau Rp. 45 ribu. Jadi ada selisih 15 ribu dengan ukuran jilbab yang hampir sama…

Jilbab ini bagian depan berbentuk melingkar seperti jilbab bundar, panjangnya kira2 selutut bagi akhwat yang tingginya sekitar 150-160 cm. Adapun bagian belakang jilbab  berbentuk segitiga, panjangnya kurang lebih sebetis atau hampir semata kaki. Bagian samping jilbab sedikit lebih pendek tapi sudah bisa menutupi tangan.

Mau tau cara buatnya? Ikuti langkah2nya sebagai berikut :

1. Siapkan kain berbentuk persegi ukuran 150 cm x 150 cm.

2. Lalu gunting seperti yang ditandai garis putus2 pada gambar:

3. Kain jadi terdiri dari 2 potong, kita sebut saja bagian yg besar sebagai bagian 1 dan bagian segitiga sebagai bagian 2.

4. Lipat bagian 1 jadi dua seperti pada gambar & jahit seperti yang ditandai pada gambar (garis putus2 hijau), dan sisakan kira2 25 cm untuk lingkar wajah.

5. Hasilnya bila dibuka akan tampak seperti pada gambar:

6. Lalu jahit tepi lingkar wajahnya sebagaimana gambar dibawah:

7. Tempelkan bagian 1 dengan bagian 2 seperti pada gambar, lalu gunting bagian tepinya bentuk melingkar seperti pada gambar, lalu jahit bagian 1 dengan bagian 2 seperti garis putus-putus hijau pada gambar:

8. Sehingga hasilnya:

Catatan: ana sarankan gunakan kain polos yang seratnya tidak terlalu kelihatan, karena kalau serat kainnya terlihat nanti hasil sambungan bagian 1 dan bagian 2 akan terlihat belang.

9. Finishingnya tinggal bagian bawahnya di neci dan… selesai!

hasilnya jika dipakai akan tampak seperti dibawah ini:

Jilbab ini tanpa penutup jidat… cara memakainya adalah dengan melipat dua sisi bagian kepala kedalam… Tapi bagi yang ingin memakai penutup jidat bisa juga ditambahkan dengan cara seperti pada cara membuat jilbab bundar di postingan terdahulu..

Selamat mencoba… semoga Alloh memudahkan…

***

Artikel ummushofi.wordpress.com

_______________

Tulisan terkait:

About these ads

25 Tanggapan

  1. Afwan umm, kira-kira cocoknya kain apa ya ?

    • wah ana kurang tau jenis kainnya ukh, coba waktu beli kainnya dideketin ujung satu dengan ujung yang lain, lalu yang satu dimiringin..kalo hasilnya tidak belang maka itu yang cocok, karena dulu ana pernah dapat kain ketika di tempel hasilnya warnanya jadi agak beda (belang).

  2. assalamu’alaikum..umm, afwan ana ijin share di web ana ya…artikelnya sangat bermanfaat..jazakillah khair…

  3. assalamu’alaikum, afwan, ijin copy paste.

  4. bismillah
    um,subhanalloh informasi nya sangat bermanfaat..oh iy, um,klo boleh, info tentang pola pakaian ikhwan dong, terutama anak2. jazakillah khoyr.

  5. Assalamu’alaikum,jilbab bundar ana udh bikin 4,pgn nyoba yg ini,insyaAlloh,syukron ummu sofi atas ilmunya,salam kenal

  6. JazakiLlahukhairan, insyaAllah mau coba, model baru tapi tetep syar’i…Alhamdulillah…

    wa anti fa jazakillahu khoiron..tafadhdholi ukhti…
    semoga bermanfaat

  7. Alhamdulillah…. izin copas ya umm… jazakillahu khoiron.

    wa anti fa jazakillahu khoiron

  8. Asslamu’alaikum … izin copas ya umm, mo praktek nih buat jilbab sdiri ….

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh..tafadhdholi…semoga Alloh memudahkan urusan anti

  9. Assalamu’alaykum,, umm afwan izin copas ke FB ya umm, Jazakillahu khoyr.

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi umm, wa anti fa jazakillahu khoiron

  10. Jazaakillah khoir, insya alloh bermanfaat infonya. Ijin co-pas, barookalloohu fiik ukhti…. Salam kenal.

  11. Assalaamu’alaikum, minta izin copas ummu…

  12. Assalamu’alaykum mbak. izin share yah… syukron :)

  13. assalammualaykum ummu.. Klo pola jilbab segitiga tanpa tempelan punya tak? Syukron ^^

  14. assalamu’alaykum um izin share yah…syukron

  15. assalamualaykum. afwan umm, kok jilbab yg ana.buat pendek bag belakangnya ya, padahal sdh mengikuti pola. ana sdh memotong bag pojoknya 85 cm. apa yang salah ya umm? mohon.petunjuknya

  16. Assalamu’alaikum, senang nya dapat pelajaran membuat jilbab walaupun belum punya mesin, bisa jahit tangan buat praktek, terimakasih ya ummu shofiyyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.217 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: