Cara Membuat Cadar Kotak 3 Lapis Berpurdah (3 Layer Niqab)

Oleh: Ummu Shofiyyah al-Balitariyyah

Segala puji bagi Alloh yang telah menurunkan syari’at hijab bagi kaum muslimah, agar dengannya mereka dapat menjaga aurat dan kehormatan mereka. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas Rosululloh yang diutus sebagai rahmat bagi sekalian alam, dan keluarga beliau, serta para shahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan mereka sampai hari kiamat kelak. Amma ba’du:

Melanjutkan praktek membuat cadar kotak yang telah lalu, sekarang ana akan share cara membuat cadar kotak tiga lapis (dengan lapisan purdah) atau biasa disebut 3-layer niqab oleh para akhwat yang berasal dari negara-negara barat.

Cadar berpurdah ini banyak dipakai oleh para akhwat Salafiyyat, terutama di negeri-negeri Arab. Adapun di Indonesia, masih jarang yang memakainya, biasanya dipakai para akhwat di pondok-pondok pesantren bermanhaj Salaf. Dan juga kelihatannya masih ada akhwat maupun ikhwan yang sudah ngaji yang masih “alergi” dengan cadar apalagi purdah ini karena dianggap “menyeramkan” dan lain sebagainya, Allohul Musta’aan

Baiklah, kita mulai praktek membuat cadar 3 lapis ini…

Cadar ini terdiri dari tiga lapis kain, lapisan kepala, lapisan wajah dan lapisan purdah.

Adapun langkah-langkah membuat cadar ini adalah sebagaimana pada berikut :

[1] Ikuti langkah 1 sampai 6 (gambar 1 sampai 9) pada cara membuat cadar kotak dua lapis yang telah lalu. Kain untuk lapisan wajah dan lapisan kepala yang dibutuhkan adalah sama seperti yang telah lalu :

Lapisan kepala : panjang = 67 cm; lebar = 54 cm

Lapisan wajah : panjang = 45 cm; lebar = 42 cm

Gambar 1, 2, 3 & 4

*** ummushofi.wordpress.com ***

Gambar 5, 6, 7, 8 & 9

[2] Adapun untuk lapisan purdah kain yang dibutuhkan adalah jenis kain yang transparan, biasanya ana memakai bahan Sifon, dengan ukuran sebagai berikut :

___Panjang = 55 cm; Lebar = 42 cm

Sebagaimana lapisan kepala & wajah, bagian bawah dan samping lapisan purdah ini dineci juga, seperti pada gambar di bawah ini:

Lapisan Purdah

Lapisan Purdah

[3] Selanjutnya susun lapisan kepala, lapisan purdah dan lapisan wajah sebagaimana pada gambar 10. Lapisan kepala di bagian bawah, lalu lapisan purdah di bagian tengah dan lapisan wajah diletakkan paling atas. Seperti cara yang telah lalu, lapisan wajah dan lapisan purdah diletakkan agak ke bawah yaitu 6,5 cm di bawah lapisan kepala.

Gambar 10, 11 & 12

Gambar 10, 11 & 12

___Keterangan:

____ . _ . _   = Lipat

___——— = Gunting / potong

[4] Bagian atas lapisan kepala kemudian dilipat kedalam sepanjang 3,5  cm lalu dijahit dengan lapisan purdah dan bagian pinggir lapisan wajah yang tidak dilipit. Sedangkan bagian tengah yang dilipit tidak ikut dijahit karena sebagai lubang untuk mata. Hasilnya dapat dilihat sebagaimana gambar 11.

[5] Pasang perekat (kretekan) dibagian tepi atas lapisan kepala sebagaimana pada kotak abu-abu dalam gambar 12, dan yang perlu diperhatikan dalam cara memasangnya adalah perekat sebelah kiri dipasang berlawanan arah dengan perekat sebelah kanan; perekat sebelah kanan menghadap ke dalam dan perekat kiri menghadap ke luar, dan… selesai.

Hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut:

Cadar 3 Lapis (3 Layer Niqab)

Cara memakainya :

Sama persis dengan cadar kotak biasa, bagian lubang mata dipaskan ke mata, lalu kedua ujung perekat (kretekan) dilingkarkan ke kepala dan direkatkan di bagian belakang, lalu kain lapisan kepala disibakkan ke atas & lapisan purdahnya tidak disibakkan ke atas.

Semoga bermanfaat..!!

_______________

Tulisan terkait:

About these ads

29 Tanggapan

  1. salam alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh
    alhamdulillah akhirnya ketemu web ummu, ana lihat2 di web umm yang lama kok susah banget masuknya , alhamdulillah ana lihat pengumumannya dan langsung click, sampai deh disini,

    i love it, nak mo di pelajari dulu, kapan2 di coba bikin sendiri

    umm ana izin share yah
    jazakillah khairan katsiraa

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Blog ana yg lama ana buat supaya redirect otomatis ke blog ini setelah 5 detik.
    Tafadhdholi ukh… semoga bermanfaat ya.
    wa jazakillahu khoiron.

  2. ukh,, ana baru2 saja pakai cadar….
    masih pakai cadar yg biasa2,, yg langsung diikat di belakang atau dikancing tindih..

    alhamdulillah nemu blog ukhtiy,, bisa langsung jahit sendiri deh pakai mesin jahit di rumah…

    alhamdulillah semoga bermanfaat ya ukh..
    dan semoga kita diberi keistiqomahan dalam menerapkan syari’at memakai cadar ini..
    baarokallohu fiik

  3. subhanalloh…

    bermanfaat sekali, moga bisa menjahit juga ya..
    seperti ummu shofi.
    hm….tp ana blum punya mesin jahit nieh *senyum

    alhamdulillah bisa bermanfaat bagi anti..semoga dimudahkan belajar menjahitnya ya…
    baarokallohu fiik

  4. Assalaamualaikum,

    Alhamdulillah, ilmu yang bermanfaat. Begitu juga dengan pola jubah, insyaaAllaah ana akan cuba. Ini first time nak cuba menjahit.

    Barakallahufiik

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    semoga Alloh memudahkan belajarnya
    wa fiiki baarokallooh

  5. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Afwan, ana ingin bertanya tentang bbrp hal.
    1. Bagaimana seorang akhwat yang bercadar ketika makan dan minum didepan orang banyak?.
    2. Bagaimana seorang akhwat yang bercadar ketika shalat didepan orang banyak, apakah cadarnya dibuka atau tidak.
    3. Apakah orang yang bercadar itu juga harus memakai kaus tangan?

    Ana masi bingung, ana sangat ingin memakai cadar, tetapi kepikiran dengan pertanyaan diatas karena ana bekerja sebagai seorang guru. Karena sekolah kami berasrama, guru2 laki2 dan perempuan biasanya makan dan shalat bersama2 di sekolah. Trus kadang2 kami melakukan kunjungan ke rumah kawan2 guru kami yang sakit atau yang mengadakan pesta (dan biasanya disuguhkan makanan dan minuman). Shalatpun biasanya di mushlla sekolah yang tidak tertutup tempatnya bagi akhwat

    Jazakillah khairan atas jawabannya
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    1.tangan kiri di masukkan ke dalam cadar untuk memberi ruang agar makanan bisa lebih mudah masuknya ukh..tapi emang tetep aja agak repot..makanya ana sebisa mungkin menghindari makan di tempat umum..
    2. Menurut ulama yang mewajibkan cadar tetap wajib memakai cadar ketika sholat ketika ada laki-laki asing..dan menurut yang mensunahkan tidak wajib.
    3.Ulama yang mewajibkan cadar biasanya juga mewajibkan menutup telapak tangan, dan yang mensunahkan cadar, juga mensunahkannya.

    Memang pertama-tama memakai cadar akan agak repot tapi kalo udah biasa insyaAlloh akan merasa lebih nyaman memakai cadar ukhti…Semoga Alloh memudahkan anti memakai cadar..wa anti fa jazakillahu khoiron

    • Um, Ana ingin buat sarung tangan.
      1. Bagaimana ya polanya? 2.
      2. Bahan yang enak ditangan apa?
      3. Dan biar keliatan besar seperti tangan pria dibuat gimana ya??

      jazakillah khoiron

      1. ana pernah bikin tapi belum sukses
      2. pilih bahan yang elastis /strech, kain kaos yang elastis
      3. bahannya pilih yang agak tebal aja

      • Ukh bagaimana kalau membuat sarung tangannya terbuat dari satin? Apakah diperbolehkan dalam islam?

        Kain satin kayaknya ga bisa buat sarung tangan soalnya ga elastis, dan sebaiknya gunakan kain yg biasa2 aja jangan yg mengkilat, nanti malah jadi seperti perhiasan.
        Wallohu a’lam.

        • Oh gitu ya ukh.
          1. Trus panjangnya sepatutnya berapa?
          2. untuk menahan agar tidak melorot pakai apa ya?
          3. Kelebihan dan kekurangan pake sarung tangan apa ya ukh?
          4. Apa wajib menggunakan sarung tangan?
          pengan pake sarung tangan koq masih belum mantap

          1.ya secukupnya ukh..sampai bisa menutup tangan..
          2. pilih bahan yang tidak gampang melar aja ukh…kalo bahan kaos yang tebel emang gampang melar…kalo udah terlajur melar makenya bisa diluar bagian luar lengan baju. Atau pakai sarung tangan yang panjang aja biar kalo melar tangan tetap tidak terlihat.
          3.kelebihannya bisa menutup tangan…kekurangannya kalo bagi ana kadang agak susah megang uang …tapi kalo udah terbiasa insyaAlloh tidak apa-apa..
          4.Bagi ulama yang mewajibkan cadar biasanya juga mewajibkan sarung tangan..tapi ulama yang mensunnahkan juga mensunnahkannya…wallohu a’lam.
          semoga Alloh memantapkan hati anti..kalo masih awal emang agak kurang nyaman tapi kalo dah biasa insyaAlloh akan terasa lebih nyaman memakainya…

          • Makasih Umm atas motivasinya. Umm juga ana ingin menggunakan stocking hitam pekat sebagai penutup kaki.Secara stocking itu khan menutup seluruh kaki. Apakah itu diperbolehkan dalam islam Umm?

            Menutup kaki bagi muslimah adalah dengan menggunakan pakaian yang panjang sampai menutupi kaki, sebagaimana dalam hadits Ummu Salamah rodhiyallohu anha. Adapun stoking atau kaos kaki hanya sekedar membantu menutupi aja…, jadi tidak mengapa mengenakan stoking asal pakaiannya panjang sampai menutupi kaki.

            • makasih um, atas sarannya.
              Um, ana tanya lagi.
              Apa ummi mungkin pernah pake gel yang yang tetap dingin saat menggunakan sarung tangan?
              Kalo pernah belinya dimana ya Um?

              Ngga pernah pake umm……afwan

  6. Bismillah,

    wah kalo ana sih sukanya cadar kotak 3 lapis seperti ini, oya um ana mau tanya boleh ngga kita pakai tas yang coraknya agak ngejreng ( norak) ?

    wallohu a’lam, coba tanya ustadz aja ukh…

  7. s’ronok dpt bljr buat purdah.. sy akn cuba buat n pkai tpi bkn skrg k’rna ilmu agama blm mantap

    semoga Alloh memantapkan ilmu agama anti..

  8. assalaamu’alaykum, salam kenal umm…blognya bagus sekali, subhanallah…

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    salam kenal juga ukhti…baarokallohu fiik

  9. Assalamualaikum ummi ana baru setahun pakai cadar Ahamdulillah betah walau banyak cobaannya umm :) .
    tp ana pakai cadar yg biasa sj , ana suka bngt ama Cadar Kotak 3 Lapis ini um , tp ga bisa jahitnya ..

    • wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh, alhamdulillah ukhti…semoga Alloh memberi keistiqomahan pada anti dan memudahkan urusan anti…
      kalo ga bisa jahitnya sebenernya cadar ini banyak di jual di pasaran ukhti..
      baarokalloohu fiik

  10. assalammualaikum ukhty , nk tnye prdh 3 lapis ney trtutup mke skli ker ? atau blh bkak cme bisa lihat mata shj ?..

  11. Assalamu’alaykum…. Ukhti, smoga Allah membalas kebaikan ukhty.

    Ana idzin mempublikasikan Artikel ini untuk pembuatan karya tulis ana dan ana kan buat sebuah buku yang berjudul “INDONESIA BERHIJAB” yang tidak lupa ana kan cantumkan sumbernya. INSYAALLAH. Itupun jika ukhti berkenan untuk mengidzinkannya. syukron… mohon balasannya??

  12. subhanalloh… ilmu yang sangat bermanfaat

  13. boleh buat tempahan ?

  14. Assalamualaikum ummu..
    subhanallah, akhirnya ketemu juga blog nya ^^
    ummu, ana berniat ingin memakai cadar, adapun tanggapan2 orang nanti ana ga perduli, insya allah ana berniat semata2 kerana allah. ana ingin sekali membeli jilbab bercadar, tp ana udh cari2 di toko busana muslimah di tmpat ana, sejauh ini blm ada yg menjual jilbab bercadar , ana pun ga da bakat menjahit, ummu bagaimana solusinya??

    • wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
      alhamdulillah…baarokallohu fiik..
      mungkin bisa jahitin ke orang ukhti…atau anti beli secara online..
      di internet banyak yang jualan jilbab dan cadar..coba googling aja..
      semoga Alloh memudahkan niatan anti ini..dan diberi kesabaran dan keistiqomahan…

  15. assalaamu’alaykum um…
    alhamdulillaah… bermanfaat

  16. Bismillaahirrohmaanirrohiim … izin copy umm artikelx , ana mw praktekkan …

  17. assalamu’alaikum umm…
    jazakillah polanya Alhamdulillah udah di praktekan.

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    wa jazakillahu khoiron…^^

  18. ijin copas gambar, jazakillah khairan

  19. Jazakillah umm..
    mudah-mudahan dapat segera dipraktekan sendiri.. aamiin.. maklum jahitnya masih tahap awal hehe..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.220 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: