Hukum Wanita Menggelung/Menyanggul Rambut yang Membentuk Benjolan yang Terlihat dari Balik Jilbab (2)

Mungkin bagi para wanita menggelung rambut adalah suatu hal yang biasa dilakukan dalam kesehariannya. Seperti ketika hawa yang panas dan sedang mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumahnya atau ketika sedang mandi karena panjangnya rambut mereka.Tetapi bagaimana batasan-batasan yang diperbolehkan oleh syari’at tentang menggelung rambut ini?  Apakah hal ini boleh jika dilakukan ketika mereka keluar dari rumahnya? Berikut ana bawakan fatwa Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin tentang hukum menggelung rambut bagi wanita sebagai kelanjutan dari artikel yang telah terdahulu. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Oleh : Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimin rohimahulloh

Pertanyaan :

Apakah  perbuatan yang dilakukan sebagian wanita berupa mengumpulkan rambut menjadi berbentuk bulat (menggelung/menyanggul) di belakang kepala, masuk ke dalam ancaman dalam hadits :

ontaنساء كاسيات عاريات … رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة لا يدخلن الجنة …

“…Wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang… kepala-kepala mereka seperti punuk unta, mereka tidak akan masuk surga…“ ?

Jawaban :

Adapun jika seorang wanita menggelung rambutnya karena ada kesibukan kemudian mengembalikannya setelah selesai, maka ini tidak mengapa karena ia tidak melakukannya dengan niat berhias, akan tetapi karena adanya hajat/keperluan.

Adapun mengangkat dan menggelung rambut untuk tujuan berhias, jika dilakukan ke bagian atas kepala maka ini masuk ke dalam larangan, berdasarkan sabda Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam :

رؤوسهن كأسنمة البخت …

“…kepala-kepala mereka seperti punuk unta…”, dan punuk itu adanya di atas.

Dan jika dikumpulkan di leher maka tidak masuk dalam larangan, akan tetapi hal ini jangan dilakukan ketika wanita itu mau pergi ke pasar, karena jika ia pergi ke pasar dalam keadaan menggelung rambut di kepalanya, ini akan tampak dari balik aba’ah (jilbab) sehingga akan menarik perhatian. Maka perbuatan ini dilarang jika ia mau pergi ke pasar.

______________

Sumber : Liqo’ Bab al-Maftuh kaset no. 161

Diterjemahkan dari : http://www.mktaba.org/vb/showthread.php?t=13165

***

فتوى مهمة للشيخ العلامة ابن عثيمين – رحمه الله تعالى – وتهم النساء خاصة .من لقاء الباب المفتوح شريط [161]
السؤال :
هل ما تفعله بعض النسوة من جمع شعورهن على شكل كرة في مؤخرة الرأس ، هل يدخل في الوعيد : ” نساء كاسيات عاريات … رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة لا يدخلن الجنة ….” ؟
الجواب :
[ أما جمع المرأة رأسها للشغل ، ثم بعد ذلك ترده ، فهذا لا يضر ، لأنها لا تفعل هذا زينة أو تجملا ، لكن للحاجة ، وأما رفعه وجمعه على سبيل التزين ، فإن كان إلى فوق فهو داخل في النهي ، لقوله صلى الله عليه وسلم :[ رؤوسهن كأسنمة البخت ...] ، والسنام يكون فوق ، وإن كانت على الرقبة فليس داخلا ، لكنه يُحْذر منه إذا كانت المرأة تريد أن تخرج إلى السوق ، فإنها إذا خرجت إلى السوق وجمعته على رأسها ، برز من وراء العباءة ، فَلَفَتَ النظر ، فتُنهى إذا أرادت الخروج إلى السوق].
About these ads

28 Tanggapan

  1. assalamu’alaykum um..
    alhamdulillah menemukan blog ini…subhanallaoh bagus
    ana boleh izin share artikel di blog anti? tetep ana tulis maroji’nya
    jazakillah khoiron
    wassalamu’alaykum

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi ya ukhti..
    semoga bermanfaat..
    wa jazakillahu khoiron

    • Assalamu’alaykum
      Alhamdulillah informasinya bagus sekali dan sangat bermanfaat meluruskan yang selama ini keliru. Ana butuh komunikasi langsung dengan Anti lewat telfon bolehkah? Ada beberapa hal yang ingin Ana tanyakan. Jazakillah khoiron. Wassalamu’alaykum.

  2. اهلا ، قرأت واستمتعت شكرا لكم تقبلو تحيتي الخالصه.

    بارك الله فيك

  3. Assalamualaikum wr wb…
    an ijin ngopi artikelnya ya um..Subhanaallah sgt bermanfaat…jazakillah ^^

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi ukht..Semoga Alloh ta’ala menambah ilmu kita dan memberikan taufik untuk mengamalkan apa yang telah kita ketahui..
    wa jazakillahu khoiron katsiron..

  4. Assalamualaikum..
    mau tanya ne bu…
    klo rambut kita panjang..kan katanya gak boleh di gulung..trus harusnya di apakan supaya gak bergulung..
    saya mohon jawaban ibu..

    makasih
    wass..

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Seperti penjelasan Syaikh diatas bahwa larangan menggelung rambut adalah jika kita menggelungnya tinggi-tinggi..
    karena hal tersebut termasuk pada ancaman dalam hadits Nabi shollallohu alaihi wa sallam :
    نساء كاسيات عاريات … رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة لا يدخلن الجنة …
    “…Wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang… kepala-kepala mereka seperti punuk unta, mereka tidak akan masuk surga…“
    Adapun jika kita menggelungnya sejajar dengan leher dan karena ada keperluan/ kesibukan dirumahnya maka hal itu tidak mengapa..
    Tetapi jika seorang wanita muslimah keluar rumahnya maka tidak diperbolehkan menggelung rambutnya karena akan terlihat menonjol dari balik jilbabnya sehingga akan terlihat bentuk rambutnya..
    Dan bagi muslimah yang memiliki rambut panjang, maka jika ia keluar rumah hendaklah cukup mengikat atau mengepang rambutnya saja tanpa harus digelung..
    InsyaAlloh jika jilbab kita sudah panjang dan syar’i rambut kita tidak akan kelihatan..
    Dan kalau rambutnya dirasa terlalu panjang, boleh aja dipotong secukupnya…
    Wallohu a’lam

  5. Assalamu’alaykum…

    Oiya sumber hadits di atas dari siapa ya bu?
    soalnya di atas ga disebutkan…
    Terimakasih….

    wa’alaikumussalam warohmatulloh,
    Hadits di atas diriwayatkan oleh al-Imam Muslim dalam shohihnya ukhti…

  6. wah bagus banget blognya…..bisa nambah ilmu nih.

    alhamdulillah semoga bisa berfaidah bagi anti..dan semoga Alloh menambah kepada kita ilmu yang bermanfaat serta semangat dalam ilmu dan mengamalkannya…
    baarokallohu fiik

  7. assalamu’alaikum ya ukhti, alhmdllh dengan membca blog dri ukhti, ana skrng bisa tau hukum menggelung rambut………
    oy ukhti ana juga pngen tau hukum memakai kosmetik…?
    soal nya ana pengen belajar memakai kosmetik…

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Kosmetik & parfum boleh dipakai untuk berhias dihadapan suami, dan tidak boleh dipakai dihadapan laki-laki yang bukan mahromnya karena itu termasuk tabarruj.
    Wallohu a’lam.

  8. assalamu’alaikum, iya ukhti, sama halnya dengan saudari chanty, ana juga ingin tahu hukum tentang memakai kosmetik, semoga ukhti berkenan membuatkan artikelnya..
    jazakillah ukhti..

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    InsyaAlloh nanti kalau ada kesempatan.
    wa jazakillah khoiron.

  9. saya copas ya, wat kasih tau yang lain

    tafadhdholi…semoga bermanfaat..

  10. Skr banyak dalaman jilbab yg pake bantalan shg akan menyerupai sanggul di balik jilbab. Jadi akan berkesan si pemakai memiliki rambut panjang dan tebal. Berarti itu ga boleh ya..jadi tau skr. Astagfirlloh, berarti selama ini saya salah.

    baarokallohu fiik..semoga Alloh menambah ilmu kita dan semangat dalam mencari dan mengamalkannya

  11. Assalamu’alaikum,,, mba, makasih banget sudah berbagi info,, tapi ada hal yang menyulitkan saya, rambut saya panjang, kalu saya kucir trus paling tidak jilbab saya harus selutut, saya sulit menemukan jilbab kaya gitu,,saya juga tak ingin memotong rambut saya,,kalau dikepang biasa, rambut jadi kemana2 dan jadi gerah,,bagaimana in? ga boleh digelung ya?? T.T

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh,
    kalau sulit nyari jilbab yg panjang, bikin aja sendiri ukh, ana pernah share cara jahitnya di link ini atau beli cari aja di toko online, kayaknya udah banyak yg jual.
    Barokallohu fiik…

  12. Assalamualaikum,,trima kasih atas infonya..jadi tau selama ini sya salah…sama dengan komen saudari chanty, hukumnya memakai kosmetik. klo kata ukhti “Kosmetik & parfum boleh dipakai untuk berhias dihadapan suami, dan tidak boleh dipakai dihadapan laki-laki yang bukan mahromnya karena itu termasuk tabarruj”Bagaimana jika itu atas permintaan suami ukhti?ketika bepergian dgn suami, suami meminta saya untuk berdandan agar terlihat cantik..(tpi bukan dandan yg smpe menor2 gitu lho ukhti)

  13. Assalamu’alaikum.. kaifa haluki ya ummu shoffiyah… kembali ana minta ijin utk copy paste artikel2nya.. syukron katsiron ^^

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh..alhamdulillah ana bi khoir, tafadhdholi umm, afwan

  14. assalamu’alaikum.. sy minta iji dicopy ya ukhti…

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh, tafadhdholi ukhti

  15. Assalamu’alaikum..

    izin share umm.. syukran.

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi umm, afwan

  16. assalamu’alaikum.. sy minta ijin copy paste di FB ya ukhti
    karna selama ini saya selalu menggulung rambut saya
    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    silakan ukh..semoga bermanfaat…^^

  17. Pembelajaran yang luar biasa…..semoga menjadi lbh baik

    aamiin..^^

  18. assalamu alaikum, ummu sy mau tanya, gmn carax agar sy ttp bs beribadah dan ttp melayani suami, krn slama ini ibadah sy sering terganggu apabila sy tunaikan kewajiban trhdp suami. misalkan pada wkt stlh badah isya suami minta dilayani dan krn sy dlm keadaan junub maka sy tdk mlksanakan sholat subuh. berhubung sy tdk bs mandi diwaktu subuh sebab sy ada masalah kesehatan (reumatik) wassalamu alaikum wr,wb.

  19. ijin share di fb ya Umm,…. ^_^

    tafadhdholi umm…^^

  20. Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh,

  21. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Alhamdulillah segala puji bagi Alloh..
    Semoga Alloh memberikan petunjuk bagi hamba2-Nya yg memohon petunjuk-Nya..
    Aamiin..

    Alhamdulillah Sekrg sy akhirnya tahu hukum menggelung rambut..alhamdulillah penjelasan ummu shofiyyah langsung bisa sy pahami..
    Mau bilang maksih atas penjelasan ummu shofiyyah.dan mau bilang makasih jg kpd admin http://www.muslimah.or.id yg sdh membntu mengarahkan sy ke blog ini.
    Baarokallohu fiik…

    Ana mau ijin copas yaa um,,^.^,,

  22. [...] فتوى مهمة للشيخ العلامة ابن عثيمين – رحمه الله تعالى – وتهم النساء خاصة .من لقاء الباب المفتوح شريط [161] السؤال : هل ما تفعله بعض النسوة من جمع شعورهن على شكل كرة في مؤخرة الرأس ، هل يدخل في الوعيد : ” نساء كاسيات عاريات … رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة لا يدخلن الجنة ….” ؟ الجواب : [ أما جمع المرأة رأسها للشغل ، ثم بعد ذلك ترده ، فهذا لا يضر ، لأنها لا تفعل هذا زينة أو تجملا ، لكن للحاجة ، وأما رفعه وجمعه على سبيل التزين ، فإن كان إلى فوق فهو داخل في النهي ، لقوله صلى الله عليه وسلم :[ رؤوسهن كأسنمة البخت ...] ، والسنام يكون فوق ، وإن كانت على الرقبة فليس داخلا ، لكنه يُحْذر منه إذا كانت المرأة تريد أن تخرج إلى السوق ، فإنها إذا خرجت إلى السوق وجمعته على رأسها ، برز من وراء العباءة ، فَلَفَتَ النظر ، فتُنهى إذا أرادت الخروج إلى السوق]. Sumber nukilan: http://ummushofi.wordpress.com/2009/08/21/hukum-wanita-menggelungmenyanggul-rambut-yang-membentuk-benjolan-yang-terlihat-dari-balik-jilbab/ http://ummushofi.wordpress.com/2009/11/12/hukum-wanita-menggelungmenyanggul-rambut-yang-membentuk-be… [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.902 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: