CARA MEMBUAT JILBAB BUNDAR

Oleh: Ummu Shofiyyah al-Balitariyyah

Alloh berfirman dalam surat Al-Ahzab ayat 59:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Terkadang seorang akhwat yang terbiasa menggunakan jilbab besar agak kesulitan mencari jilbab yang sesuai dengan yang diinginkan karena jarang ada toko yang menjualya atau ada tapi jauh atau kebanyakan yang dijual adalah jilbab yang kecil atau ada hiasannya atau.. atau.. wa ila akhirihi

Sehingga dalam kondisi seperti itu perlu bagi seorang akhwat untuk bisa membuat pakaiannya sendiri.

Membuat jilbab sendiri sebenarnya tidak sulit dan lebih hemat biaya. Berikut ini kami akan menguraikan cara membuat jilbab bundar. Kain yang dibutuhkan adalah kain yang lebarnya 1,5 m sepanjang 2,5 m. Jilbab dengan ukuran ini bila dipakai oleh akhowat yang tinggi badannya sekitar 150 cm panjangnya hampir mencapai mata kaki. kalau mau dikecilkan tinggal disesuaikan ukuran lebar dan panjangnya, tapi kalau mau lebih besar lagi harus mencari kain yang lebarnya lebih dari 1,5 m.

Caranya adalah sebagai berikut :

Bentangkan kain yang lebarnya 1,5 m panjang 2,5 m (gambar 1). Lalu lipat kain menjadi 2 bagian yang sama panjang (gambar 2).

polajb123

Potong kain secara melengkung seperti pada gambar 3 (tanda garis putus-putus), sehingga menjadi seperti gambar 4.

polajb45

Jahit bagian tepi seperti pada gambar 5 (tanda garis putus-putus). Bagian tepi tidak dijahit semuanya, tetapi disisakan bagian atas untuk wajah (yaitu ukuran lingkar wajah dibagi dua).

Untuk membuat penutup dahi gunakan sisa kain yang ada. Caranya ukur lebar dahi dan tinggi dahi, lalu lipat kain sisa dan potong elips dengan panjang sama dengan lebar dahi dan lebar sama dengan tinggi dahi seperti gambar 6. Kalau dibuka lipatannya, hasilnya seperti gambar 7.

polajb6789

Lalu tempelkan penutup dahi di bagian dalam jilbab, jahit lingkar muka bersamaan dengan penutup dahi seperti gambar 8.

Kain penutup dahi akan menyisakan kain di bagian atas, bagian ini sebaiknya di-obras (biasanya di toko alat2 jahit). Lalu bagian bawah jilbab (gambar 9) di-neci (ini juga biasanya di toko alat2 jahit). Sehingga hasil akhirnya (dari belakang) seperti gambar 10 berikut ini:

Membuat Jilbab Bundar

Gambar 10

Untuk kain sisa tadi sebenarnya masih bisa untuk dibuat cadar tempel atau ikat, tapi agak susah menjelaskannya, mungkin lain kali…

Selamat mencoba!!

_______________

Tulisan terkait:

About these ads

60 Tanggapan

  1. Di blog Tholib ada yang nanyain pola cadar tuh, kalo sempet bikinin aja…

    insyaAlloh

  2. Ada diskusi menarik di sahab tentang hukum cadar tuh, coba baca2 di : http://sahab.net/forums/showthread.php?t=369292

  3. waduh umm..
    pengennya buka sahab.net untuk belajar tentang hukum cadar
    eee…ternyata yang ada malah pusying..arab semua..hehehe
    jadi ingat pelajaran bahasa arab di ma’had dulu..banyak yang kabur ;>

    ya emang harus sabar umm kalau mau bisa,cuman ana sendiri juga gak bisa-bisa sih…hehe

  4. assalamu’alaikum ummu shofiyyah ..

    ana saudah, jaksel
    bolehkah ana dibagi pola gamisnya?
    ana pengen bisa jait untuk ana pake sendiri ..

    syukron ya .. :)

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh
    iya,insyaAlloh mau ana buatin ukh,tapi mungkin ga bisa cepat,soalnya sambil ngurus anak.
    barokallohu fiik

  5. Assalaamu’alaikum

    Mbak, di Blitar ada tokonya juga apa enggak?
    InsyaAlloh besok ana kan mau pulang. Kalau ada tokonya, barangkali ada kesempatan, insyaAlloh ana mau mampir untuk lihat2…..

    wa’laikumussalam wa rohmatulloh,

    ga ada tokonya dik, stoknya masih dikit, baju yang udah jadi langsung dikirim ke jakarta, kalau anti mau ada di sini, di cibubur.

  6. Alhamdulillah, syukron, jazakillah ya ukh .. ana tunggu bangetz ya …

    wa fiik barokallah ..

    ana mo nekat gamis yg ada, ana tarok aja di atas kertas .. lalu ana jiplak .. tapi mo gunting bahannya koq gak tega .. nti salah2 pigimana … ;)

  7. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Saya Fina tinggal di Bandung. Saya kesulitan mencari gamis yang pas buat ana. Kebetulan, saya pingin jahit sendiri tapi tidak punya polanya. Bolehkah saya meminta juga pola gamisnya?
    Saya pakai ukuran yang lebih besar dari XL, karena ana TB 170cm, BB 68kg.

    Jazakillah ukhti.

    Wassalam.

  8. wa’alaikumussalam wa rohmatulloh wa barokatuh,

    Iya ukh,udah ana kerjain sebagian.
    Ana insyaAlloh mau menjelaskan cara mengukur, teori membuat pola gamis, contoh pola gamis dengan ukuran standar M,dan cara menjahit.
    Tapi afwan mungkin tidak bisa cepat,soalnya sekarang ana lagi sakit flu ukh,anak-anak dan abinya juga, sabar dulu ya…

  9. assalamu’alaikum ummu shofiyyah

    Allahu yasyfiik
    iya deh .. ana akan tunggu pola dari ukhti ya

    jazakillah khoir
    barokallahu fiik ..
    :)

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    aamiin, waiyyaaki, wa fiiki baarokallooh

  10. assalamu’alaikum

    apa kabar ukh?
    anak2 dan kluarga udah sembuh? udah sehat?
    smoga ya ..

    :)

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    alhamdulillah udah..
    Tapi belum sempet ngerjain polanya ukh..afwan ya..insyaAlloh minggu depan ana posting

  11. assalamu’alaikum

    afwan ukh … mungkin dalam pekan ini internet akan ana sudahi (speedy) .. jadi ga bisa komunikas dan ngNet lagi

    krn .. Insya Allah seblum Ramadhan ini ana akan pindah tempat tinggal ke pondok kami –> http://www.hidayatunnajah.or.id/
    ikut berbakti dan mengabdi bersama suami

    kalo pekan ini ukhti sempet .. akan segera ana print .. tapi ka

    lo ukhti ga sempet yowez gpp .. :)

    ini enpon ana jika (barangkali) mo Zakat, Infaq, Shadaqah untuk pondok kami .. ;)
    08788 4567 314 Saudah

    jazakillah khair ya ukh ..
    – saudah –

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wa barokatuh
    ya InsyaAlloh, tapi ana posting pola dasarnya dulu, cara menjahitnya insyaAlloh menyusul.

  12. iya ukh .. gpp bangetz ..
    wong udah ditolongin/dibantuin kan .. :)

    Insya Allah pekan depan tg 12 ato 13 gitu ana bayar spidinya skaligus mengajukan brenti langganannya ..

    jadi mudah2an masih bisa baca & ngprint postingan ukhti deh ..
    syukron ya ..

  13. assalamu’alaikum ukhti…
    alhamdulillah, ana bisa nemuin situs ini (sangat bermanfaat insyaallah). ana beberapa hari ini latihan bikin gamis ma jilbabnya, tapi waktu bikin keliman pada baju dan lidah pada jilbab ada kesulitan tersendiri. mungkin ummu shofiyah mau berbagi ilmunya kepada ana tentang bikin keliman sama jahit lidah pada jilbab.
    jazakillah khoir

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wa barokatuh
    untuk bisa rapi memang agak susah ukh, harus banyak latihan.
    Biasanya biar rapi harus dijarumi dulu pakai jarum pentul sebelum dijahit.
    Baarokalloohu fiik.

  14. ana ijin copas yah ummu (utk doc si blog ana, ana cantumin sumbernya dari ummu)

    ana kmrn sudah ke pasar, tyt utk bahan kebanyakan lebar 1.15 cm, kira2 ana harus beli brp meter? ummu tau tidak bahan yg adem, ga panas, tapi tidak transparant, kmrn ana diunjukin kain jetblack sama yg jual kainnya, bahannya mirip2 bahan utk cadar, berhubung per meternya lumayan dan ana baru belajar bikin, kira2 bhn jetblack itu adem ga ummu? krn ana kan sedang hamil, jd gampang berkeringat.

    syukron jazaakillah khoyron

    tafadhdholi ukhti..semoga bermanfaat..
    Mau bikin apa ummu? Jilbab ato Gamis?
    Kalo gamis bisa pake kain lebar 1.15 m ukh..kira-kira butuh 3 – 3.5 m..tergantung tinggi badan dan lebar gamis yang kita bikin..tapi biasanya segitu..
    Tapi kalo mau bikin jilbab pake kain lebar 1.15 m maka untuk bikin jilbab yang bulat simetris panjang kain yang dibutuhkan adalah 2 m. Tapi jilbabnya ga bisa panjang2 banget..kira-kira cuma sepertengahan paha (untuk akhwat tingggi sekitar 155). Itu udah maksimal ngga bisa dipanjangin lagi..
    Ana kurang tahu bahan jetblack ukhti..afwan ya..
    Kalo untuk bikin jilbab dan gamis akhwat biasanya yang adem pake sanwosh, soluna ato sutra cina.
    Untuk cari kain lebar 1.5m yang banyak biasanya di tanah abang ukh..
    oo lagi hamil ya..
    semoga anti dan janinnya selalu sehat..
    wa jazakillahu khoiron

  15. assalamu’alaikum ukhti…
    alhamdulillah, vivi bisa nemuin situs ini (sangat bermanfaat insyaallah)…
    ukhti boleh juga donk dibagi ilmu untuk jahit gamis. vivi pengen bisa jahit sendiri biar biayana lebih murah. vivi kesulitan bikin pola dan cara potongnya. vivi pake ukuran S/M. harap bantuannya ukhti…;)

    Jazakillah ukhti.

    Wassalam.

    Wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh
    alhamdulillah, semoga bermanfaat ukhti…
    Untuk pola gamis bisa di lihat disini : pola dasar jubah akhwat

  16. Ummiiii….
    Jazaakillaahu khoyron.. ^ ^

    Dulu ana pernah komen kalau berniat sering-sering mengunjungi blog ini… tapi ternyata baru sekarang sempat lagi. …>_<…

    Masih lihat-lihat/baca-baca dulu, Mbak. Belum sempat praktek, belum punya mesih jahit soalnya. Hehehe…

    Baarokallohu fiyk..

    wa jazakillahu khoiron ukhti..
    Tafadhdholi ukh..Semoga bisa mengambil manfaat dari blog ini…dan dimudahkan belajar menjahitnya
    wa fiiki barokalloh…

  17. Assalamu’alaikum
    afwan ukhti, ana copy pola dasar buat jubah anak,,, izin ya

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Tafadhdholi ukhti… silahkan, semoga bermanfaat.

  18. jazakillahu khoiron atas ilmunya. barokallohu fiik

    wa jazakillahu khoiron..wa fiiki barokalloh
    semoga bermanfaat ukhti..

  19. bismillah,alhamdulill,ah ketemu blog ini,assalamu’alaykum warahmatullohi wabarokatuh ummi,jazakalloh atas bagi2 ilmunya,ana tinggal di cibitung ingin sekali bisa jahit,bisa bahasa arab,tapi karena ana memilih untuk tetap di rumah,jadi senang sekali ketemu blog ini.ijin share ya ummi

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    wa jazakillahu khoiron yaa Umma Ayyash, tafadhdholi ukhti…
    semoga Alloh memudahkan anti dalam belajar menjahit dan bahasa arab..
    alhamdulillah kita sebagai wanita muslimah diperintahkan untuk menetap di rumah untuk menjalankan tugas utama kita mengurus anak dan rumah tangga…
    sebagaimana dalam hadits :
    “Wal mar’atu ro’iyatun fii baiti zaujiha, wa hiya mas’ulatun anha”
    ” dan wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan dia akan ditanya tentangnya kelak ”
    Semoga kita diberi keistiqomahan dan kesabaran dalam menjalankan tugas kita sebagai seorang ibu rumah tangga…
    baarokallohu fiik

  20. assalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh. jazakillah khoir ilmunya. smg ALLAH menambah ilmu yg brmanfaat.. salam kenal..

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Aamiin wa jazakillahu khoiron katsiron
    Salam kenal juga dari ana ya ukhti..

  21. ass, mba minta pola gamisnya donk, aku mau buat sendiri, karna klw beli kadang besar sekali dan kadang ga enak dipakai gitu.. makasih ya..
    wass, westri rahmi..

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    silakan buka ini ukhti..[pola dasar jubah akhwat]. Tapi jika ingin enak dipakai ukuran pada contoh pola disitu bisa diganti dengan ukuran anti sendiri…baarokallohu fiik

  22. bismillah..jazakillah khoir um,untuk infonya,alhamdulillah ketemu blog ini,izin copas ya um…mdh2an bs sgr praktek,ana pengen banget bs jahitkan jubah untuk anak juga,anti asli blitar y?tetanggaan donk,ana d tulungagung…barokallohu fiik

    Wa jazakillahu khoiron..
    Iya ukhti..ana wong Mblitar nih..Wah anti dari Tulungagung ya..
    Tapi ana sekarang tinggal di Jakarta ukh..
    Wa fiiki baarokalloh..

  23. Bismillaah.

    Alhamdulillah bisa berkunjung ke blog ini, bnyak manfaat yg didapat.

    Alhamdulillah, kbtulan ada pola jilbab n gamis. Dulu pernah nekat bikin gamis dg pola ‘asal copas’ dr gamis yg udah ada. Hasilnya.. Lingkar Lengannya gak nyaman dipake. *senyum*

    kalo ada pola gamis ikhwan utk batita ya ukh, boleh diposting tuh.

    Oya ummu, kalo mesin jahit benangnya sering “mbulet” salahnya dimana ya? Kali ummu tau.. Afwan.

    Salam kenal dri ana di pasuruan ya ukh.

    Jazakillahu khoyrn wa barokallahu fiik.

    alhamdulillah, salam kenal juga dari ana ukhti…
    pengin juga posting gamis buat anak laki2 ukh, tapi mo jahit belum sempet..
    kalo benangnya sering mbulet mungkin mesin jahitnya yang bermasalah ukh..coba dikasih oli aja atau diservisin ke tukang benerin mesin jahit..
    wa anti fajazakillahu khoiron wa fiiki baarok…

  24. assalamu’alaikum.
    ana juga baru belajar jahit.sebagai permulaan…ana mo bikin celemek dulu aahhh! yang gampang2 aja dulu..kayaknya lucu juga deh bikin celemek…maren dah bikin gorden ama vitras. jazakillah panduannya umm.

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    iya ukh..bagus juga idenya..emang kalo buat permulaan lebih baik bikin yg gampang2 dulu ukh..
    sambil melatih agar bisa menjahit lurus dan rapi
    semoga Alloh memudahkan belajarnya..
    wa anti fa jazakillahu khoiron

  25. Assalamu’alaykum Warrohmatulloh Wabarokatuh
    ukhti… tau cara buat jilbab yang cadarnya nempel ga? yang ada rit/resletingnya itu. ana pengen buat..
    tolong ajarin ya…
    baarokallohu fiik wa jazakillahi khoiron

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    ana sebenarnya punya contohnya..tapi ana belum pernah praktek..
    insyaAlloh ana mau posting cara membuat cadar kotak dulu..
    gambarnya sih udah jadi tapi penjelasannya belum sempet ana tulis..
    wa jazakillahu khoiron wa fiiki baarok

  26. alhamdulillah nemu blog ini, saya anita di balikpapan, saya ijin nyontek polanya ya mb… matur nuwon sebelumnya…

    silakan ukhti…semoga bermanfaat…

  27. asslm…kl boleh tanya …siapakah yg meriwayatkan hadis ttg cadar itu siapa.trus bab apa..syukur2 halaman brp…jazakillahukhoiron

    wa’alaikumussalam
    Silahkan baca dikitab Jilbab al-Mar’ah al-Muslimah nya syaikh al-Albani rohimahulloh.

  28. Subhanallah, ana baru tahu hukum jilbab panjang n cadar. Dan agak kesulitan mencari jilbab panjang dan cadar, alhamdulillah dengan adanya artikel ini sangat bermanfaat buat ana.
    Syukron atas sharingnya ya umm.
    Jazakillah khoiron katsiyron

    wa jazakillahu khoiron ukh…

  29. Assalamu’alaykum..izin copas ukhti..seneng banget ada pola2 gini *padahal blum bisa jahit sama sekali*
    Asif ya ukhti,kalo mo belajar menjahit apa aja yang diperlukan dari yang kecil sampe yang besar?
    Ana pengen belajar tapi ke penjahit depan rumah yang penjahit ‘busana wanita’ gitu.*mash rencana*
    Jazakillahu khoiron ^^

    wa’alaikumussalam warohmatulloh tafaddhdholi ukh..
    ana juga masih pemula kok ukh… kalo mo belajar jahit biasanya pertama-tama belajar teori bikin pola ma cara mengukur badan dulu…jadi perlu buku untuk membuat pola dalam skala, meteran, penggaris,kertas untuk bikin pola, mesin jahit serta alat-alatnya yang lain…semoga Alloh memudahkan belajarnya ukh…wa jazakillahu khoiron

  30. Bismillaah.
    Alhamdulillah bisa berkunjung ke blog ini, banyak manfaat yg ana dapat. trimakasih ukh,

    Alhamdulillah masih bisa berbagi manfaat dengan anti, barokallohu fiik.

  31. Bismillah. Salam ukhuwah ya umm..minta ijin nyontek polanya. Alhamdulillah ktmu blog ini,ana pgn mnghemat biaya dg jahit sndiri,hehe. Afwan umm,ada pola gamis ikhwan tak?

    salam ukhuwah juga ukhti..tafadhdholi…semoga bermanfaat…ana juga masih baru belajar jahit kok…
    Kalo pola gamis untuk ikhwan ana belum pernah nyoba bikin..baru belajar buat anak kecil aja..

  32. Assalamu’alaykum, ummu shofiyyah…
    Salam kenal ya…aku ummu allegra… :)

    Um, aku masih awam bgt mengenai jilbab yg syar’I ini… Alhamdulillah sudah berjilbab panjang namun rasanya belum syar’I… Inginnya menyiapkan anak dg pendidikan formal bermanhaj salaf…subhanallah masih keras pertentangan dari suami dan orang tua… Masih jauh nampaknya, ukhti, perjalanan aku menuju jilbab yg syar’I, karna pertentangan ini masih begitu berat bagi aku…mohon doa ya ukhti smg aku tetap istiqomah menjalani ujian ini dan smg suami dan org tuaku diberi hidayah ALLAH SWT amiin…

    Maaf ukhti, ana jadi curcol ya hehehe…

    Alhamdulillah ketemu blog ukhti… Insyaa ALLAH bermanfaat untuk ana…
    Ada yg ingin ana tanyakan ttg jilbab syar’I ini…apakah ada lubang untuk tangan? Sehingga bila qta mengerjakan sesuatu masih dimungkinkan dg mengenakan jilbab tsb?
    Maaf pertanyaan terlalu mendasar ya ummu hehe…
    Jazakillahu khoiron…

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    Salam kenal juga..
    Iya ukhti…semoga Alloh memberi hidayah pada suami anti dan orang tua anti…
    Dulu orang tua, mertua, dan kerabat ana lainnya pertama-tama juga tidak suka dan merasa aneh dengan pakaian ana tapi alhamdulillah lama-lama mereka mau menerima…
    Jilbab yang ada lubang untuk tangan ana belum pernah coba bikin ukhti…
    tapi dulu pernah ada temen ana yang bisa bikin seperti itu…
    wa jazakillahu khoiron..

  33. Assalamu’alaikum ummu,izin copas y polanya…jika ada wkt ana mau jahit sendiri…jazakillahu khoiron y umm…^_^

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi ukhti…wa anti fa jazakillahu khoiron

  34. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Senangnya ana ketemu web anti.. ana udah kursus jahit tapi dari yang ana dapat kurang enak dilengannya.. mudah-mudahan rumus dari anti bisa cocok. Syukron ya ukhti.

    Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh,
    tafadhdholi..semoga bermanfaat….
    afwan

  35. Assalaamu’alaykum ukhti..
    الْحَمْدُ لِلَّه .. Seneng banget byk yang tertarik untuk menjahit sendiri baju n jilbab syar’i.. Semoga Alloh memudahkan dalam mempelajarinya.. Kebetulan ana juga penjahit, sebelumnya banyak terima order baju jahiliyah.. Tapi alhamDuliLLAAH sekarang hanya khusus menerima order gamis n jilbab saja, takut juga kalo diminta pertanggungjawaban oleh ALLOOH di akhiroh kelak.. Semoga sukses ƴ̲̣̣̣̥ɑ̣̇ um .. بَارَكَ اللَّهُ فِيْك

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    aamiin..semoga barokah usahanya ukhti…
    wa fiiki baarokalloh

  36. [...] Tapi bagi yang ingin memakai penutup jidat bisa juga ditambahkan dengan cara seperti pada cara membuat jilbab bundar di postingan [...]

  37. bismillah.umm pola cadar lepas bs nggak???syukron

  38. afwan umm,bs tdk dishare cara mbuat cadar yg pakai ikatan??syukron

  39. waaaah,,,banyak tips menjahitnya, saya suka, saya suka (smile)

  40. assalamualaikum, ijin copas ya um? jazakillah khoiron.

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi…wa jazakillahu khoiron

  41. assalamualaikum, ijin copas polanya ya um? jazakillah khoiron y umm.

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    silakan um, wa anti fa jazakillahu khoiron

  42. Assalamualaikum..
    umm, ana ijin copas ke blog ana ya..
    ^_^

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh..tafadhdholi umm

  43. assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…ummu,ana ijin copy paste ya…
    selama ini ana bingung,suka gak pas terus / gak enak dipake kalo bikin jilbab sendiri khususnya pd bagian topi. ada tipsnya gak um? syukron, jazakillahu khair…

    wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh
    tafadhdholi umm…ana juga masih baru belajar umm, kalo ana biasanya ana ukur dulu lingkar kepala , panjang dan tinggi jidad..alhamdulillah pas dipakai.

  44. aku mau coba juga ya umm… boleh kan.. lagi belajar jahit juga nih

    jahit baju online

  45. Assalamualaikum Um…Izin Share ya…ana mau belajar Buat jilbab syar’i Jazakallohu Khairan…

  46. assalamualaikum.ijin share ya um.jazakillah

  47. Assalamu’alaykum, ijin share ya um untuk belajar saya dan kawan2 di rantau yg kesulitan cr penjahit wanita so pd pgn jahit baju sendiri, kalau boleh tahu apa anti sudah punya produk yg dipasarkan ato nerima orderan jubah + jilbab + cadar?, jazakillah untuk share ilmunya

  48. wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh,
    silakan umm…
    ana nggak produksi umm, cuman jahit2 baju untuk ana dan anak2 sendiri….^^
    wa jazakillahu khoiron…

  49. Assalamu’alaikum, nggak sengaja mampir di blog ummu shofi, alhamdulillah dapat ilmu baru, salam kenal.

  50. assalamualaikum wr wb maaf mau tanya kalo untuk bikin bergo gimana ya pola nya.terima kasih sebelum nya.

  51. assalamu’alaikum um,.afwan ana ijin copy polanya yah, lg pingin bikinan jubah sm jilbab anak ana…jazakillah khoir…

  52. Assalaamualaykum ummu salam kenal.ana ummu tsalis.mau tanya klo untuk setelan gamis yg bagus itu bahan apa ya umm.sy kurang tau nama2 bahan untuk gamis syar’i..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.903 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: